Katedral Saint-Omer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saint-Omer
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Saint-Omer
Katedral Saint-Omer
LokasiSaint-Omer
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arras

Katedral Saint-Omer (Cathédrale Notre-Dame de Saint-Omer) adalah sebuah gereja katedral Katolik, basilika minor, dan nasional monumen Prancis yang terletak di Saint-Omer, Prancis. Dulunya merupakan tempat kedudukan Keuskupan Saint-Omer, namun tahta tersebut tidak dipulihkan setelah Revolusi Perancis, malah diserap ke dalam Keuskupan Arras di bawah Konkordat 1801. Gereja masih sering disebut sebagai "katedral".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya sebuah kapel sederhana dari abad ke-7, gereja ini dibangun di lokasi tersebut sekitar tahun 1052. Gereja ini rusak sekitar tahun 1200 akibat kebakaran.

Paduan suara, ruang rawat jalan, dan kapel bercahaya kemudian dibangun kembali, dan pada tahun 1263 transept dibangun. Pekerjaan berkembang perlahan dan menyebar dari abad ke-13 hingga ke-16. Setelah itu gereja menjadi perguruan tinggi.

Transept selatan diperpanjang dari tahun 1375 hingga 1379, dan bagian tengahnya dibangun kembali. Kapel lateral di bagian tengah dibangun dari tahun 1386 hingga 1403. Kapel tertua dibangun di selatan. Bagian tengah tengah baru selesai dibangun pada tahun 1473, dan kubahnya selesai dibangun pada tahun 1506.

Dari tahun 1449 hingga 1472, Jehan de Meldre, kontraktor utama, melanjutkan perluasan bagian utara transept. Pada saat itu menara di sebelah barat yang tetap bergaya Romawi dikonsolidasikan dan diperkuat.

Dari tahun 1473 hingga 1521, menara barat dibangun di sekitar menara Romawi. Itu didandani ulang dan didekorasi dengan gaya gereja biara Saint-Bertin (dibangun antara tahun 1431 dan 1500). Patung portal barat direalisasikan dari tahun 1511 hingga 1515, oleh pematung Bruges Jean dan Josse Van der Poele.

Panah di atas penyeberangan berasal dari tahun 1486.

Pada tahun 1553, kota terdekat Thérouanne, tempat keuskupan Artois berada, dihancurkan total oleh pasukan Charles V, selama konflik yang menentang Raja Henry II dari Prancis. Garam secara simbolis disebarkan ke seluruh lantai kota.

Pada tahun-tahun berikutnya, diputuskan untuk berbagi keuskupan Thérouanne, untuk menghormati perbatasan antara kerajaan Perancis dan Spanyol Belanda. Maka dibentuklah Keuskupan Saint-Omer pada tahun 1559 dan perguruan tinggi Notre-Dame menjadi katedral pada tahun 1561.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]