Katedral Saint-Bertrand-de-Comminges

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saint-Bertrand-de-Comminges
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Saint-Bertrand-de-Comminges
Katedral Saint-Bertrand-de-Comminges
LokasiSaint-Bertrand-de-Comminges
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Toulouse

Katedral Saint-Bertrand-de-Comminges (Perancis: Cathédrale Notre-Dame de Saint-Bertrand-de-Comminges) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Saint-Bertrand-de-Comminges , Haute-Garonne, barat daya Prancis. Itu adalah kedudukan Keuskupan Kuno Comminges.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Memasuki bagian tengah, tiga gaya arsitektur berbeda dapat dilihat secara bersamaan:

  • Bagian Romawi abad ke-12.
  • Bagian Gotik abad ke-14 yang ditugaskan oleh Bertrand de Goth.
  • Dan bagian Renaisans serta organ dari abad ke-16.

Narteks berakhir dengan dua pilar besar, masing-masing dengan keliling tidak kurang dari 11,45m. Di atas tembok utara dan selatan terlihat lengkungan Romawi, lantainya terbuat dari marmer dan terdapat beberapa makam dan makam. Biara ini juga jelas bergaya Romawi dan menawarkan pemandangan seluruh lembah yang mengesankan.

Bagian Gotik dibangun dengan gaya Meridional Gotik. Terdapat satu bagian tengah yang panjangnya 55m, lebar 16m, dan tinggi 28m. Di atas lengkungan panah terdapat lambang para uskup pendiri. Jendela kaca patri sangat mengesankan dengan detail rumitnya, hampir sebanding dengan Auch.

Kios-kios di dalam paduan suara dipesan oleh Jean de Mauléon tetapi karena kurangnya dokumen, tidak mungkin menyebutkan nama seniman yang membuatnya, meskipun, jika dibandingkan dengan kios-kios lain, kios-kios ini sering dianggap sebagai karya Nicolas Bachelier, atau lebih tepatnya, sekolahnya yang telah menggunakan seniman dari Prancis, Spanyol dan Italia. Sebagian besar pekerjaan dilakukan pada pohon ek dan kenari, dan paduan suara tampaknya terpisah dari bagian gereja lainnya karena sangat kontras dengan bagian Gotik dan Romawi.

Enam puluh tujuh kios mewakili karakter dari Perjanjian Lama dan Baru, termasuk adegan seperti 'godaan', 'iri hati' dan 'nafsu'.

Di dalam tempat suci dimungkinkan untuk melihat beberapa representasi dari chanson de geste Lagu Roland, dengan Oliver terwakili dengan jelas.

Anehnya, ada boneka buaya di dalam katedral. Fakta ini, serta gambaran umum tentang katedral itu sendiri dan detail sejarahnya, ditampilkan secara menonjol dalam Canon Alberic's Scrap-Book, sebuah cerita hantu oleh M. R.James.

Bekas katedral ini telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia Rute Santiago de Compostela di Prancis.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]