Katedral Sées

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sées
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Sées
Katedral Sées
LokasiSées
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sées

Katedral Sées (Prancis: Basilique Cathédrale Notre-Dame de Sées) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletka di Sées (sebelumnya juga Séez) di Normandia, Prancis. Ini adalah tempat kedudukan Uskup Séez.

Katedral ini dinyatakan sebagai basilika minor pada tanggal 7 Maret 1871.[1]

Katedral Gotik ini berasal dari abad ke-13 dan ke-14 dan menempati lokasi tiga gereja sebelumnya. Bagian depan barat, yang rusak karena penopang yang menonjol di luarnya, memiliki dua menara terbuka yang megah setinggi 230 kaki. tinggi. Bagian tengahnya dibangun menjelang akhir abad ke-13. Paduan suara, yang dibangun segera setelahnya, terkenal karena konstruksinya yang ringan. Di dalam paduan suara terdapat empat bas-relief dengan keindahan luar biasa yang mewakili pemandangan dalam kehidupan Perawan Maria; dan altarnya dihiasi dengan gambar lain yang menggambarkan pemindahan relik Santo Gervais dan Protais. Gereja selalu menjadi objek restorasi dan rekonstruksi.

Katedral ini memiliki organ megah karya Cavaille-Coll yang baru-baru ini dipugar. Pertunjukan Minggu sore diadakan selama bulan Juli dan Agustus. Organ paduan suara juga dibuat oleh pembuat yang sama.

Pada tahun 2015, selama pekerjaan restorasi Menara Utara, tiga lonceng baru dipasang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Sées". Encyclopædia Britannica. 24 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 581.