Katedral Rijeka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Rijeka
Katedral Santo Vitus di Rijeka
Katedral Rijeka
LokasiRijeka
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaBaroque
Dibangun1638 (bangunan saat ini)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Rijeka
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Ivan Devčić

Katedral Rijeka atau yang bernama resmi Katedral Santo Vitus (Kroasia: Katedrala Svetog Vida) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Rijeka, Kroasia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Rijeka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Abad Pertengahan, Gereja St. Vitus adalah sebuah gereja kecil dan satu sisi, Romawi yang didedikasikan untuk santo pelindung dan pelindung Rijeka. Itu memiliki apse setengah lingkaran di belakang altar, dan teras tertutup. Dengan kedatangan Yesuit di Rijeka, katedral seperti yang kita lihat sekarang ini didirikan pada tahun 1638. Pertama, menjadi gereja Yesuit. Ketika kota Rijeka menjadi pusat keuskupan, dan kemudian pada tahun 1969 menjadi pusat uskup agung dan metropolitan, perwakilan Gereja St. Vitus Yesuit menjadi Katedral Rijeka. Strukturnya adalah rotunda, yang tidak biasa di bagian Eropa ini, dengan elemen Barok dan Gotik, termasuk patung-patung barok yang bagus di dalamnya .

Katedral ini digambarkan pada Balik uang kertas 100 kuna Kroasia, yang diterbitkan pada tahun 1993 dan 2002.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nasional Kroasia Bank Diarsipkan 6 Mei 2009 di Wayback Machine.. Fitur Uang Kertas Kuna Diarsipkan 6 Mei 2009 di Wayback Machine.: b4edf145 100 kuna Diarsipkan 2011-06-04 di Wayback Machine. (edisi 1993) & 100 kuna Diarsipkan 2011-06-04 di Wayback Machine. (edisi 2002). – Diakses pada 24 Februari 2010.