Katedral Reykjavik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Reykjavik
Katedral Basilika Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Alam Semesta
Islandia: Basilika Krists konungs
Katedral Reykjavik
64°08′51″N 21°56′55″W / 64.1475°N 21.9485°W / 64.1475; -21.9485Koordinat: 64°08′51″N 21°56′55″W / 64.1475°N 21.9485°W / 64.1475; -21.9485
LokasiReykjavík
Negara Islandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi23 Juli 1929
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekGuðjón Samúelsson
GayaNeo-Gothic
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Reykjavík
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. David Tencer

Katedral Reykjavík atau umumnya disebut Landakotskirkja (Gereja Landakot), yang secara resmi bernama Basilika Krists konungs (Basilika Kristus Sang Raja), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di bagian barat kota Reykjavík, ibu kota Islandia. Katedral ini merupakan satu-satunya gereja katedral bagi Gereja Katolik di Islandia, dan merupakan takhta bagi Uskup Reykjavik. Gereja ini sering disebut sebagai "Kristskirkja" (Gereja Kristus) dan Landakotskirkja.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Landakotskirkja memiliki bagian atas datar yang khas, bukan puncak menara standar. Arsiteknya adalah Guðjón Samúelsson, yang juga merancang Hallgrímskirkja, tengara Reykjavik, dan Akureyrarkirkja di Akureyri, Islandia Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Imam Katolik pertama yang tiba di Islandia setelah Reformasi adalah orang Prancis Bernard Bernard dan Jean-Baptiste Baudoin. Mereka membeli lahan pertanian Landakot di Reykjavík dan menetap di sana pada awal abad ke-19. Mereka membangun kapel kecil pada tahun 1864. Beberapa tahun kemudian, sebuah gereja kayu kecil didirikan oleh Túngata, dekat Landakot. Setelah Perang Dunia Pertama, umat Katolik Islandia melihat perlunya membangun gereja yang lebih besar untuk umat Katolik yang jumlahnya terus bertambah. Mereka memutuskan untuk membangun sebuah gereja Neo-Gothic dan mempercayakan tugas tersebut kepada arsitek Guðjón Samúelsson. Setelah bertahun-tahun dibangun, Landakotskirkja akhirnya dikuduskan pada tanggal 23 Juli 1929. Itu adalah gereja terbesar di Islandia pada saat itu. Hari ini, Landakotskirkja adalah tengara yang berbeda di Reykjavík barat. Satu-satunya sekolah Katolik di Islandia terletak di dekatnya di tanah yang sama.

Sebagian besar furnitur berasal dari Atelier J.W. Pematung Rammakers & Sons dari Geleen, Belanda. Ramakers mengirimkan timpan pada tahun 1928, kedua altar samping, altar St. Joseph pada tahun 1905 dan altar Maria pada tahun 1928, mimbar pada tahun 1929. Atelier Ramakers membuat desain altar utama, namun tidak pernah dikirimkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]