Katedral Punalur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Punalur
Katedral Santa Maria
Katedral Punalur
LokasiPunalur
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Punalur

Katedral Punalur yang bernama resmi Katedral Santa Maria[1] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Punalur, India. Gereja ini merupakan gereja pertama dalam sejarah kota industri yang berusia berabad-abad ini Punalur, di tepi sungai Kallada. Umat ​​Katolik dan umat Protestan yang bekerja di Pabrik Kertas Punalur, Kereta Api dan Perkebunan Karet bersama para petani adalah komunitas awal gereja tersebut. Sekolah, panti asuhan, pusat misi dan lembaga lainnya mulai dibangun secara bertahap untuk memenuhi tuntutan komunitas akan budaya etnis yang dinamis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Misionaris Kristen yang melayani masyarakat membuat gudang jerami di bukit dekat pasar dan Sungai Kallada. Salah satu gudang jerami yang digunakan sebagai Gereja pada tahun 1866 adalah Gereja Punalur pertama yang didirikan oleh misionaris Karmelit Belgia. Nama Gereja diambil dari 'Bunda Penasihat yang Baik' (St. Mary) dan liturgi Gereja menggunakan bahasa Latin. Gereja St. Mary dibangun kembali dengan struktur granit pada tahun 1933 dan direnovasi dengan struktur beton pada tahun 1997.

Misionaris Karmelit Belgia adalah Bapak Pertama Punalur dan tempat-tempat di sekitar Punalur. Selama Perang Dunia Kedua, para Bapa Pertama harus kembali, mempercayakan pekerjaan gereja kepada pendeta keuskupan Quilon (Kollam).

Halaman Sejarah Gereja St. Mary

Keuskupan Punalur dipisahkan dari Keuskupan Quilon (Kollam) dan dibentuk menjadi unit terpisah berdasarkan Bulla “Verba Christ” dari Paus Yohanes Paulus II, yang dikeluarkan pada tanggal 21 Desember 1985.

Keuskupan Punalur saat ini diperluas ke seluruh distrik sipil Pathanamthitta, taluk Kottarakkara, Kunnathur, Mavelikara dan beberapa pakuthies di taluk dari Karunagappally dan Chengannur.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kompleks Katedral St Mary terletak di bukit tepi barat Sungai Kallada, sebelah utara jalur kereta Kollam-Shenkottai, sebelah timur Jalan Pabrik Kertas dan dekat Stasiun Kereta Punalur pada koordinat 9°01′22″N 76°55′15″E / 9.022766°N 76.920796°E / 9.022766; 76.920796

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "St. Katedral Maria, Punalur, Kerala, India". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-19.