Katedral Potosí

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Potosí
Gereja Katedral Basilika Minor Bunda Maria Perdamaian di Potosí
Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora de La Paz
Katedral Potosí
LokasiPotosí
NegaraBolivia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Potosí

Katedral Villa Imperial de Potosí atau Katedral Potosí, nama resminya adalah Spanyol: Basilika Katedral Nuestra Señora de La Paz [1][2][3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Plaza 10 de Noviembre di tengah kota Potosí, Bolivia.[4] Dibangun antara tahun 1809 dan 1836[5] di lokasi di mana gereja tua runtuh pada tahun 1807. Promotor utamanya adalah Friar Manuel Sanahuya.

Abad ke-19 memasuki gaya Neoklasik, meninggalkan kita, di antara karya-karya lain, contoh maksimalnya, Gereja Besar yang baru, sekarang Basilika Katedral yang berhubungan dengan tahun 1809-1836, dan yang penulisnya adalah biarawan dan arsitek Spanyol, Fransiskan yang berprofesi Manuel de Sanahuja,[5] pengantar gaya Neoklasik di Potosí, yang bersamaan dengan Katedral melakukan karya lain baik dalam arsitektur religius maupun sipil. Tangan Sanahuja terlihat jelas di katedral dalam kualitas ruang arsitekturnya yang menggabungkan reredos yang dirancang sendiri.[5] Pindah ke La Paz, ia meninggal di sana pada tahun 1834. Arsitektur lokal berakhir dengan katedral Potosí, dan rangkaian katedral besar di Amerika Latin mencapai puncaknya dalam gaya Neoklasik.

Di dalamnya terdapat peninggalan keagamaan penting berupa emas dan perak. Juga organ yang disumbangkan oleh Simón I. Patiño. Salah satu sektor berfungsi sebagai museum seni religi.

Basilika Katedral saat ini, yang menempati ruang yang sama dengan pendahulunya, merupakan karya arsitek Friar Manuel de Sanahuja, yang memulai pembangunannya pada hari Selasa, 6 September 1808. Selesai pada tahun 1836,<ref name="Iberoamérica"/ > menguduskannya dengan sungguh-sungguh pada tanggal 4 April 1838, di bawah kepemimpinan Marsekal Andrés de Santa Cruz, yang mensponsori upacara tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biasa disebut la Matriz. Semula akan dimulai pada tahun 1564, sesuai dengan rencana master Juan Miguel de la Veramendi, yang tidak dapat melanjutkan pekerjaan karena meninggal, sehingga perlu adanya permintaan dari mitra La Plata, dari Lima Pada tahun 1568, pendapatan ekonomi yang menunjang pekerjaan secara resmi disahkan.

Pada awal tahun 1572, Juan de Ballejo mempercayakan Pedro Moreno untuk bersamanya dia akan mengambil alih pekerjaan batu di gereja, dan hanya setelah kedatangan Raja Muda Francisco de Toledo pada akhir tahun 1572 tersebut. , pekerjaan dimulai kembali, dimulai dari pondasi. Hasil akhirnya, selain mahal, bertahan hingga akhir abad ini; Nah, pada tahun 1597, tukang kayu Pedro Gutiérrez, yang bertanggung jawab atas paduan suara tinggi, mengirim rekannya Alonzo de la Plaza untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Bartolomé Arzáns de Orsúa y Vela, bersaksi dalam bukunya yang monumental Historia de la Villa Imperial de Potosí sebagai berikut: "Kemudian, Raja Muda Toledo memindahkan gereja utama ke tempatnya sekarang, yaitu di tengah dari populasi besar dan di seberang Cerro Rico, dan gereja tua didirikan sebagai paroki bagi orang India, menamakannya San Lorenzo. Mereka mulai meletakkan fondasinya pada pertengahan Desember tahun 1572 ini; dan seterusnya pada hari yang sama pekerjaan Rumah Pencetak Uang dan bank tabungan kerajaan dimulai."

Pada tahun 1628, master Diego Sayago ditugaskan untuk membangun portal batu bata di kapel belas kasihan, yang merupakan bagian dari gereja. Gereja itu memiliki satu bagian tengah dengan transept. Portal utama dan samping serupa dan memiliki desain Renaisans. Ia memiliki satu menara, awalnya satu badan, hingga tahun 1734, tahun dimulainya renovasi, untuk meningkatkannya menjadi dua badan. Gereja ini bertahan hingga awal abad ke-19, ketika, setelah melakukan pekerjaan renovasi lainnya tanpa konsultasi, stabilitas menara terganggu, dan ketika runtuh pada tahun 1807, terpaksa memikirkan pembangunan satu gereja baru.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Nuestra Señora de La Paz
  2. ^ Prado, Luis; Soro, Félix Pozo; (Bolivia), Potosí; Internacional, Agencia Española de Cooperación (01-01-2004). Potosí, Bolivia: guía de arquitectura. Junta de Andalucía, Consejería de Obras Públicas y Transportes. ISBN 9788480953863. 
  3. ^ Kirbus, Federico B. Quebrada de Humahuaca. del Eclipse. ISBN 9789879011539. 
  4. ^ States, Bolivia Legación United (1912-01-01). Informasi tentang Bolivia. Pers B. S. Adams. 
  5. ^ a b c Ramón Gutiérrez (2002). Arquitectura y urbanismo en Iberoamérica. Guida Editori. hlm. 245. ISBN 8437619939.