Katedral Perpignan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Perpignan
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Perpignan
Katedral Perpignan
LokasiPerpignan
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Perpignan-Elne

Katedral Perpignan yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes Pembaptis (Prancis: Basilique-Cathédrale de Saint-Jean-Baptiste de Perpignan; bahasa Katalan: Catedral de Sant Joan Baptista de Perpinyà) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Perpignan di Languedoc-Roussillon, Prancis. Ini didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis.

Katedral ini dimulai pada tahun 1324 oleh Raja Sancho dari Majorca, dan kemudian selesai pada abad ke-15. Katedral ini menggantikan katedral Elna, dan oleh karena itu pada mulanya merupakan kedudukan Uskup Elne, dan kemudian, mulai tahun 1602, Keuskupan Perpignan-Elne.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Interior

Katedral ini dibangun dengan gaya Gotik Catalan, karena hubungannya dengan Kerajaan Majorca. Ia memiliki bagian tengah yang lebar (panjang 80 meter, lebar 18 m, dan tinggi 26 m) yang terbuat dari tujuh kubah silang, dan dilengkapi transept pendek dan apse, yang vault memiliki fitur tujuh kunci.

Fasad barat katedral tidak pernah selesai. Ketika dipugar pada abad ke-19 dan ke-20, jendela Gotik pada fasad dibangun kembali, seperti yang sebelumnya digantikan oleh bukaan persegi panjang sederhana. Fasadnya juga dilengkapi serambi dan menara jam, yang berasal dari abad ke-18.[1] Pada abad ke-19, lonceng tuning ditemukan kembali. Di Perpignan adalah carillon pertama dengan lonceng yang disetel oleh Amédée Bollée dan putra-putranya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Perpignan di Wikimedia Commons