Katedral Penang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Penang
Gereja Katedral Roh Kudus di George Town, Penang
Melayu: Katedral Roh Kudus
Katedral Penang pada Mei 2022
LokasiIsland Park, Green Lane, Gelugor, Penang
NegaraMalaysia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webhttps://www.holyspiritcathedral.com/
Sejarah
Didirikan1958
Tanggal dedikasi2003 (sebagai katedral)
Arsitektur
Dibangun1969
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Penang
ProvinsiKuala Lumpur
DivisiPulau Penang
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Sebastian Francis
Jumlah ImamRomo Joachim Robert
Imam rekanRomo Francis Anthony (pastor yang menetap)

Katedral Roh Kudus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang teretak di kawasan perumahan Island Park[1] dekat Green Lane, Glugor, Penang, Malaysia. Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan Penang, yang saat ini dipimpin oleh Yang Mulia Mgr. Sebastian Francis. Gereja ini merupakan Warisan Dunia (minor).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paroki ini didirikan pada tahun 1958, dengan sekitar 1.000 umat paroki dan mereka merayakan Misa di kantin sekolah Convent Green Lane. Setelah 10 tahun bekerja keras menggalang dana, mereka siap membangun gereja. Bapak Seng Tuck Hooi, seorang arsitek berpikiran maju yang merancang gedung bertingkat pertama di Penang (Hotel Ambassador 11 lantai) ditunjuk sebagai arsitek utama untuk proyek gereja tersebut.

Pembangunan gereja selesai pada tahun 1969 dan gereja diberkati oleh Mgr. Gregory Yong, saat itu Uskup Penang. Pada tahun 1990-an, balai komunitas paroki diberi nama Dewan Roh Kudus dan ruang kelas Sekolah Minggu tiga tingkat dibuka.

Pada tahun 2001, gereja ini ditutup untuk renovasi guna mempersiapkan upacara peresmian 2 tahun kemudian. Pada tahun 2003, status katedral dialihkan dari bekas Katedral Diangkat ke Surga menjadi Katedral Roh Kudus. Ritus Dedikasi diadakan pada tanggal 20 Januari 2003 dan katedral baru diberkati oleh Mgr. Antony Selvanayagam, Uskup Penang.

Pada bulan Oktober 2007, upacara peletakan batu pertama Gereja Kerahiman Ilahi diadakan. Katedral memainkan peran utama dalam program penggalangan dana. Gereja yang disebut juga Christian Community Center ini akan memiliki gereja induk yang mampu menampung 900 umat, 15 ruang kelas dan fungsi Sekolah Minggu serta tempat tinggal pastor atau dikenal dengan pastoran.

Terletak di Sungai Ara dan melayani 2.500 umat paroki yang tinggal di Bayan Lepas (yang juga melayani anggota staf Katolik yang bekerja di Bandara Internasional Penang serta pabrik-pabrik industri di dekatnya). Sebelumnya, umat paroki di kawasan itu harus menempuh perjalanan ke katedral yang berjarak 12 km dari gereja baru. Gereja ini selesai dibangun pada bulan Juli 2010 dan upacara pembukaannya diadakan pada tanggal 29 September 2010. Ini akan menjadi pertama kalinya dalam 41 tahun gereja Katolik baru dibangun di Pulau Penang. Pada tanggal 29 September 2013, Katedral Roh Kudus dipecah menjadi paroki baru, Gereja Kerahiman Ilahi.

Saat ini, Katedral Roh Kudus dikelola oleh Pastor Fr. Joachim Robert (pastor paroki) dimana dia dibantu oleh Pastor Francis Anthony (imam residensi) dan melayani umat paroki Katolik di Batu Lanchang, Gelugor, Batu Uban, Sungai Dua serta Jelutong , yang juga mencakup mahasiswa dan anggota fakultas dari institut pendidikan tinggi Universiti Sains Malaysia serta tanggungan dan kerabat mereka (tetapi juga berfungsi sebagai sponsor sekunder dan paroki terdekat, untuk gereja sponsor utama yang melekat pada mengatakan kampus utama universitas ini sebenarnya adalah City Parish, George Town yang berada di bawah naungan Church of Our Lady of Sorrows di Macalister Road, George Kota).

Pintu masuk kendaraan Katedral Roh Kudus bulan Januari 2020

Waktu Misa[sunting | sunting sumber]

Misa Harian
07:00 Bahasa Inggris (Senin, Selasa & Sabtu)
18:30 Bahasa Inggris (Rabu & Kamis; sepanjang tahun, Jumat; selama Waktu Biasa, Adven, Natal dan Paskah)
20:45 Bahasa Inggris (Jumat selama Prapaskah didahului dengan Jalan Salib)

Misa Sabtu (Matahari Terbenam)
18:00 Bahasa Inggris (Misa matahari terbenam dua bahasa dalam bahasa Inggris dan Tamil setiap hari Sabtu kedua setiap bulan)

Misa Minggu
08:00 bahasa Mandarin
10:30 bahasa Inggris

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]