Katedral Périgueux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Périgueux
Katedral Santo Frontinus
Prancis: Cathédrale Saint-Front de Périgueux
Katedral Périgueux
LokasiPérigueux
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Périgueux

Katedral Périgueux (Prancis: Cathédrale Saint-Front de Périgueux) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Périgueux, Prancis. Sebuah katedral sejak 1669,[1] didedikasikan untuk Saint Front [fr] (Prancis: Cathédrale Saint-Front de Périgueux). Pendahulu katedral, yang masih beroperasi sebagai gereja, didedikasikan untuk Santo Stefanus (Prancis: Cathédrale Saint-Étienne-de-la-Cité de Périgueux).

Katedral ini merupakan tempat kedudukan Keuskupan Périgueux dan Sarlat, sebutan untuk keuskupan tersebut sejak tahun 1854. Ini adalah bagian dari Situs Warisan Dunia Rute Santiago de Compostela di Prancis.

Depan Suci[sunting | sunting sumber]

Katedral ini mendapatkan namanya dari Saint Front, uskup pertama Périgueux. Menurut "Vie de Saint Front", dia hidup pada abad keempat, ditahbiskan di Roma, dan datang untuk menginjili Perigord.[2] Ia dimakamkan di dekat pertapaannya, tepat di luar kota Romawi Vesunna.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah kapel pertama kali dibangun di situs tersebut pada abad ke-4 atau ke-5. Pada tahun 976 Uskup Frotaire membangun Biara Saint-Front di lokasi gereja. Biara ini ditahbiskan pada tahun 1047. Paduan suara berkubahnya menampung makam Saint Front, yang dipahat pada tahun 1077 oleh Guimaunond, seorang biarawan dari biara Chaise-Dieu. Makam ini dihiasi dengan banyak batu berharga dan patung, terutama malaikat dengan lingkaran cahaya yang terbuat dari pecahan kaca dan sekarang disimpan di Museum Périgord.

Katedral Saint-Front sebelum direstorasi oleh Paul Abadie. Foto diambil oleh Médéric Mieusement sebelum tahun 1893.

Biara ini terbakar pada tahun 1120. Hanya sebagian gereja dan sebagian biara bergaya Romawi di sisi selatan yang tersisa.[4]

Bangunan yang terletak di pusat Périgueux dan Katedral Saint Front ini telah digolongkan sebagai Monumen Sejarah Prancis (monument historique) sejak tahun 1840. Katedral Saint Front dibangun kembali oleh arsitek Paul Abadie dari tahun 1852 hingga 1895.[3] Hanya menara lonceng dan ruang bawah tanah, keduanya dari abad ke-12, yang tersisa dari bangunan sebelumnya.

Katedral ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia Rute Santiago de Compostela di Prancis sejak tahun 1998.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]