Katedral Owerri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Owerri
Gereja Katedral Assumpta di Owerri
bahasa Inggris: Assumpta Cathedral
Katedral Owerri
LokasiOwerri
NegaraNigeria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Owerri
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Anthony John Valentine Obinna

Katedral Assumpta [1] juga disebut Katedral Owerri adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Owerri, ibu kota negara bagian Imo di bagian tenggara negara Nigeria.[2] Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan gereja utama Keuskupan Agung Metropolitan Owerri (Archidioecesis Overriensis) yang awalnya berdiri sebagai vikariat apostolik pada tahun 1948 dan memperoleh statusnya saat ini pada tahun 1994 melalui bulla " Ad aptius efficaciusque" pada saat itu Paus Yohanes Paulus II.

Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Agung Anthony John Valentine Obinna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1954 dan diresmikan pada tahun 1980.[3] Rencana untuk membangun katedral modern di Owerri dipimpin oleh keuskupan dan Uskup Irlandia, Joseph Brendan Whelan. Dana bersumber dari anggota gereja dan dari luar negeri, khususnya Roma. Seorang pastor Irlandia, Romo Christopher King yang juga seorang arsitek mengawasi pembangunan struktur tersebut tepat sebelum Perang Saudara. Lokasi yang dipilih untuk katedral berada di pinggiran Owerri dekat persimpangan jalan antar negara bagian yang menghubungkan Owerri ke Port Harcourt, Onitsha, dan Aba.[3] Dimulainya Perang Saudara Nigeria menghambat konstruksi dari tahun 1967 hingga 1970. Sebelum perang, konstruksi telah mengalami kemajuan dan bagian utama bangunan kecuali dek atap dan penutup sudah selesai.[4] Selama perang, lokasi katedral diserang a beberapa kali karena kubah tersebut dianggap sebagai pos pengamatan.

Gaya arsitektur bangunannya mirip dengan gereja Renaisans.[3] Struktur gereja dirancang dalam bentuk salib Yunani dengan empat bagian tengah dengan panjang yang sama tersebar ke arah yang berlawanan dan di antara bagian tengah terdapat empat kapel. Altar ini terletak di tengah dan memiliki kubah yang tingginya mencapai 120 kaki dan diameter 101 kaki. Lantai bagian dalam terbuat dari marmer sedangkan material strukturnya adalah beton bertulang. Kapasitas gedung adalah 3.000.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Assumpta di Owerri
  2. ^ "Porte della Misericordia". www.iubilaeummisericordiae.va. Diakses tanggal 2017-02-01. 
  3. ^ a b c "Bab 4.4.Katedral MARIA ASSUMPTA, OWERRI" (PDF). unn.edu.ng. 
  4. ^ "40 Tahun Lalu: Pekerjaan Baja untuk Katedral Maria Assumpta, Nigeria". newsteelconstruction.com. Diakses tanggal 2017-02-04. 
  5. ^ GCatholic.org: cathNG.htm Cathedrals Nigeria