Katedral Osnabrück

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Osnabrück
Gereja Katedral Santo Petrus
Jerman: Dom St. Peter
Katedral Osnabrück
Katedral Osnabrück di Jerman
Katedral Osnabrück
Katedral Osnabrück
52°16′39″N 8°02′42″E / 52.27755°N 8.04498°E / 52.27755; 8.04498Koordinat: 52°16′39″N 8°02′42″E / 52.27755°N 8.04498°E / 52.27755; 8.04498
LokasiOsnabrück, Lower Saxony
NegaraJerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.dom-osnabrueck.de
Sejarah
Didirikan785 (785)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque, Gothic
Selesai
Abad ke-11 (diperbesar)
Abad ke-13 (renovasi)
1946 (Rekonstruksi menara)
Spesifikasi
Lonceng6
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Osnabrück
Klerus
Uskupsede vacante
DekanJohannes Wübbe
Konselor KanonJohannes Wübbe
Canon(s)Ulrich Beckwermert

Ansgar Lüttel Reinhard Molitor Theodor Paul Martin Schomaker Hermann Wieh Bernhard Stecker

Alfons Strodt

Katedral Osnabrück atau yang bernama resmi Katedral Santo Petrus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Osnabrück, Jerman. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Osnabrück. Katedral ini merupakan bangunan akhir Romawi dan mendominasi kaki langit kota.

Sejarah, arsitektur interior, dan peralatan[sunting | sunting sumber]

Versi pertama Katedral Santo Petrus dibangun pada tahun 785, 15 tahun setelah keuskupan didirikan oleh Charlemagne. Norman menghancurkan gereja tersebut 100 tahun kemudian, dan versi gereja yang sekarang berkembang hanya secara bertahap setelah kebakaran sekitar tahun 1100.

Bagian tertua dari gereja masa kini adalah menara penyeberangan bergaya Romawi, fasad utara, dan fasad barat bergaya Romawi-Gotik. Kubah di bagian tengah tiga lorong nave setinggi pilar tempat ia bertumpu.

Peralatan tertua yang bertahan hingga saat ini adalah font pembaptisan dari tahun 1220 dan salib kemenangan dari tahun 1230. layar atap yang rusak dari tahun 1664 juga masih bertahan. Dua belas patung yang diterima dari pematung Münster Heinrich Brabender masih dipertahankan hingga hari ini, termasuk patung Kristus dan Rasul, dan juga patung sejumlah kecil patung diterima dari Duke Erich II dari Saxe-Lauenburg, Uskup Münster. Ini dipajang di Museum Keuskupan Osnabrück.

Selama berabad-abad, penampilan katedral berubah - bagian dalamnya terutama selama periode Barok, yang menjadi saksi altar, figur, dan tulisan batu nisan, dan bagian luarnya pada masa besar restorasi pada tahun 1882-1910 di bawah Alexander Behnes melalui renovasi dan pembangunan lampiran. Selama Perang Dunia Kedua atap katedral dengan kubah barok dan beberapa bangunan tambahan gereja dihancurkan oleh bom pembakar. Katedral ini telah dibangun kembali dan masih menjadi daya tarik utama bagi umat Kristiani di kota dan keuskupan serta orang-orang yang tertarik pada sejarah seni dari seluruh dunia. Roda Osnabrück, yang pada tanggal 13 September 1944 jatuh dari menara yang lebih besar akibat pemboman, telah didirikan kembali di sisi katedral.

Biara terhubung dengan gereja di selatan bagian tengah. Ini memiliki pilar-arcade terbuka di tiga sisi yang tersisa. Ibukota bantal, yang sesuai dengan bekas paduan suara barat tahun 1140, terdapat di sayap timur. Kubah barel di bagian timur biara menampilkan lunette tetapi tidak ada busur sabuk; kubah di sayap selatan dan barat ditopang oleh busur sabuk dan lengkungan ogivales (dibangun pada kuartal kedua abad ke-13). Selama Perang Dunia Kedua, biara, yang ditembok menghadap halaman, berfungsi sebagai tempat perlindungan serangan udara.

Lonceng[sunting | sunting sumber]

Belfry di menara barat daya menampung cincin yang terdiri dari enam lonceng baja tuang, salah satu karya terbaik Bochumer Verein. Lonceng dibuat dalam apa yang disebut bentuk V7 eksperimental, cetakan bentuk oktaf kecil. Lonceng baja tuang tahun 1951 di Katedral Paderborn juga berbunyi dengan disposisi yang sama, dan dianggap sebagai lonceng besar pertama yang berbunyi dalam bentuk V7 yang baru dikembangkan.

Organ[sunting | sunting sumber]

Katedral ini mempunyai dua organ: organ utama di barat, dan organ paduan suara kecil di utara transept .

Organ utama[sunting | sunting sumber]

Organ utama dibuat pada tahun 2003 oleh pembuat organ Kuhn AG dari Männedorf, Swiss. Itu berdiri di atas portal utama di bawah jendela mawar barat. konsol berada "di dalam" organ, berpusat di dinding belakang organ, menghadap ke arah altar. Itu terhubung secara elektrik ke ruang organ menara kecil dengan empat register (peti kerucut), yang bertempat di lantai pertama menara barat besar. Ruang organ membengkak dan memiliki ruang penyerap suara.

Mutin-Cavaillé-Coll[sunting | sunting sumber]

Katedral memiliki organ langka tambahan - di dinding utara transept terdapat organ paduan suara dari bengkel Mutin-Cavaillé-Coll. Dibangun pada tahun 1898, organ ini memiliki 12 stop dengan tiga transmisi tambahan ke pedal. Semua pipa yang berbunyi dapat membengkak.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Feldwisch-Dentrup, Heinrich; Jung, Andreas (1980). Osnabrück – Dom und Domschatz [Osnabrück - Cathedral and the Cathedral Treasury] (dalam bahasa Jerman). Königstein im Taunus: Verlag Langewiesche. 
  • Thümmler, Hans (1954). "Der Dom zu Osnabrück" [The Cathedral of Osnabrück]. Deutsche Lande – Deutsche Kunst [German lands - German art] (dalam bahasa Jerman). Munich / Berlin: Deutscher Kunstverlag. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]