Katedral Ordinariat Militer Warsawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ordinariat Militer Warsawa
Katedral Ratu Polandia
bahasa Polandia: Katedra Polowa Wojska Polskiego
Katedral Ordinariat Militer Warsawa
52°14′56″N 21°0′24″E / 52.24889°N 21.00667°E / 52.24889; 21.00667Koordinat: 52°14′56″N 21°0′24″E / 52.24889°N 21.00667°E / 52.24889; 21.00667
LokasiWarsawa
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1660
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekConstantino Tencalla
Tipe arsitekturgereja
GayaBaroque
Dibangun1660-1701
Diruntuhkan1944
Administrasi
KeuskupanOrdinariat Militer Polandia

Katedral Ordinariat Militer Warsawa atau Katedral Lapangan Angkatan Darat Polandia (bahasa Polandia: Katedra Polowa Wojska Polskiego, juga dikenal sebagai Gereja Bunda Maria Ratu Mahkota Polandia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Warsawa, ibu kota Polandia. Di masa lalu, gereja ini melayani berbagai komunitas dan peran: dulunya adalah gereja Collegium Nobilium dan pada abad ke-19 juga diubah menjadi Gereja ortodok. Saat ini semua pesta keagamaan militer besar di Warsawa diadakan di sana.

Terletak di Jalan Długa 13/15, di seberang Monumen Pahlawan Pemberontakan Warsawa dan Lapangan Krasiński, dekat dengan Kota Tua Warsawa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-17, biarawan Piaris diberi hak istimewa kerajaan untuk mendapatkan sebidang tanah yang luas di sebelah barat Kota Tua Warsawa. Daerah tersebut, terletak di sepanjang Jalan Miodowa yang baru diaspal, dekat dengan pusat kota masa kini, namun pada saat yang sama menawarkan lebih banyak ruang dibandingkan di kota yang padat penduduknya. Para biarawan mendirikan Collegium Nobilium, salah satu sekolah paling terkemuka pada zaman itu dan pendahulu Universitas Warsawa. Pada tahun 1660 mereka juga memulai pembangunan gereja baru yang akan melayani siswa dan guru mereka, kemungkinan besar dirancang oleh Constantino Tencalla, seorang arsitek Italia yang aktif di Persemakmuran Polandia–Lithuania pada saat itu.

Gereja tersebut, yang sebagian besar dibiayai oleh Raja John Casimir dari Polandia, akan menempati bekas gereja kayu Saint Prym dan Felicjan, yang dihancurkan oleh Swedia selama Banjir Besar . Namun, setelah perang dengan Swedia, Muscovy, dan Cossack, perekonomian Polandia hancur dan turun tahta raja menandai berakhirnya pembangunan ambisius tersebut. Oleh karena itu, pembangunannya berlangsung hingga tahun 1682. Pekerjaan internalnya berlangsung selama dua dekade tambahan dan baru pada tahun 1701 gereja tersebut akhirnya ditahbiskan oleh uskup Poznań Mikołaj Święcicki.

Pemandangan gereja pada tahun 1830 oleh Marcin Zaleski.
Pemandangan gereja pada masa Rusia.

Gereja meneruskan tradisi gereja Saint Prym dan Felicjan sebelumnya, tetapi juga menerima santo pelindung baru, Santa Maria Kemenangan. Lukisan Santa Maria Yang Pemurah diimpor dari Faenza dan relik dua orang kudus Katolik dibawa dari Roma, disumbangkan oleh Paus Urban VIII. Karena masa konstruksinya yang lama, desain gereja menjadi ketinggalan jaman segera setelah selesai dibangun, karena barok belakangan digantikan dengan klasisisme dalam arsitektur Eropa. Pada tahun 1730 gereja ini dibangun kembali sesuai dengan rencana Józef Fontana.

Menyusul kegagalan Pemberontakan November melawan Kekaisaran Rusia, pada tahun 1834 gereja tersebut disita oleh otoritas Rusia dan diubah menjadi gereja Ortodoks Tritunggal Mahakudus. Antara tahun 1835 dan 1837, gereja ini dibangun kembali dengan gaya yang mengingatkan pada gereja-gereja barok Rastrelli. Penulisnya adalah Antonio Corazzi dan Andrzej Gołuński. Selama rekonstruksi, sebagian besar desain internal dihancurkan dan diganti dengan lukisan dinding Ortodoks serta ikonostasis yang besar. Selain itu, kubah bawang besar ditambahkan ke kedua menara. Pada saat yang sama, bangunan di sekitar bekas biara Piarist dan Istana Humański juga dibangun kembali agar sesuai dengan gaya Rusia.

Agama adalah elemen Russifikasi di Kekaisaran Rusia. Gereja direbut dan diubah menjadi Gereja Ortodoks Rusia sementara Warsawa adalah bagian dari Kekaisaran Rusia.[1]

Setelah Rusia meninggalkan Warsawa pada tahun 1915, gereja tersebut digunakan oleh tentara Jerman yang ditempatkan di Warsawa sebagai depot. Setelah Polandia memperoleh kembali kemerdekaannya pada tahun 1918, keputusan dibuat untuk membangun kembali gereja tersebut kembali ke tampilan semula. Antara tahun 1923 dan 1927 gereja ini dibangun kembali lagi, kali ini oleh Oskar Sosnowski, yang mendasarkan desainnya pada gambar abad ke-17. Setelah renovasi, tempat suci itu kembali ditahbiskan sebagai gereja Katolik, tetapi tidak dikembalikan kepada para Piaris. Sebaliknya, martabatnya menjadi katedral, karena menjadi kedudukan uskup lapangan Tentara Polandia.

Selama Pemberontakan Warsawa tahun 1944, katedral ini merupakan salah satu gereja yang sering menjadi sasaran Luftwaffe. Perkelahian sengit juga terjadi untuk memperebutkan reruntuhan tersebut, karena menara barat yang diawetkan digunakan sebagai pos pengamatan. Pada pada saat yang sama ruang bawah tanah biara dan ruang bawah tanah di bawah gereja digunakan sebagai rumah sakit lapangan sementara. Sisa-sisa gereja, beserta rumah sakit, dihancurkan oleh pemboman udara Jerman pada tanggal 20 Agustus 1944.

Setelah perang, antara tahun 1946 dan 1960 gereja ini dikembalikan ke kejayaannya oleh tim arsitek yang dipimpin oleh Leon Marek Suzin. Gereja tetap menjadi uskup di angkatan bersenjata, meskipun jabatan tersebut hampir murni bersifat tituler karena di Polandia yang dipimpin Komunis, agama tidak mempunyai tempat di angkatan bersenjata. Lembaga resmi Uskup Lapangan Angkatan Darat Polandia (bersama dengan jabatan serupa untuk denominasi lain) dipulihkan setelah Polandia mendapatkan kembali kedaulatannya setelah 1989 Musim Gugur Bangsa-Bangsa. Akibatnya, gereja tersebut memperoleh kembali status katedral dan menjadi tempat kedudukan Ordinariat Militer Polandia, salah satu dari tiga katedral di Warsawa saat ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard S. Wortman. Skenario Kekuasaan: Mitos dan Upacara di Monarki Rusia. Princeton University Press. ISBN 0-691-02947-4.