Katedral Ordinariat Militer Vilnius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ordinariat Militer Vilnius
Katedral Santo Ignatius dari Loyola
bahasa Lituania: Šv. Ignoto katedra
Katedral Ordinariat Militer Vilnius
LokasiVilnius
NegaraLituania
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanOrdinariat Militer Lituania

Katedral Ordinariat Militer Vilnius atau yang bernama resmi Katedral Santo Ignatius Loyola[1] (bahasa Lituania: Šv. Ignoto katedra) disebut juga Gereja Santo Ignatius (Šv. Ignoto bažnyčia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Vilnius, ibu kota Lituania. Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Ordinariat Militer Lituania.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yesuit pertama tiba di Vilnius pada tahun 1602, mereka membuka magang di kota tersebut, dan memulai pembangunan gereja Santo Ignatius pada tahun 1622 dalam gaya Barok. Gereja ini ditahbiskan oleh Uskup Agung Lubartowicz Sanguszko pada tahun 1647. Kebakaran tahun 1748 menghancurkan Vilnius dan banyak bangunan bersejarah, termasuk gereja Santo Ignatius. Gereja ini dipulihkan dalam gaya Barok akhir.

Pada tahun 1925, gereja ini menjadi tempat ibadah bagi garnisun Polandia dan interiornya direnovasi dengan dekorasi baru yang segar, bukan dekorasi lama yang hilang. Gereja ditutup pada tahun 1945 ketika Vilnius dimasukkan ke dalam Republik Sosialis Soviet Lituania, dan digunakan sebagai bioskop dan ruang konser Orkestra Filharmonik kota, sementara biara menjadi perpustakaan teknis. Setelah pembubaran Uni Soviet, gereja tersebut kembali ke Keuskupan Agung Vilnius dan dipulihkan pada tahun 2001–2003.

Pada tanggal 23 November 2004, gereja tersebut diangkat menjadi katedral Ordinariat Militer Lituania.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Ignatius, Vilnius
  2. ^ "Vilniaus jėzuitų noviciatas ir Šv. Abaikan bažnyčia". vienuolynai.mch.mii.lt. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27-03-2015. Diakses tanggal 2016-08-31. 
  3. ^ "XXI amžius". www.xxiamzius.lt. Diakses tanggal 2016-08-31.