Katedral Nuoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Nuoro
Katedral Bunda dari Salju
bahasa Italia: Duomo di Acerra
Katedral Nuoro
LokasiNuoro, Sardinia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nuoro

Katedral Nuoro yang bernama resmi Katedral Bunda Maria dari Salju (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria della Neve) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Nuoro, Sardinia, Italia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Nuoro.

Dibangun pada pertengahan abad kesembilan belas, bangunan ini berdiri di sebuah alun-alun yang disebut Piazza Santa Maria della Neve dan didedikasikan untuk Bunda dari Salju (dalam bahasa bahasa Italia: Madonna della Neve; juga, Our Lady of the Snows, Nostra Signora della Neve), santo pelindung Nuoro, yang pemujaannya terkait erat dengan Basilika Santa Maria Maggiore di Roma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1779, dengan bulla kepausan yang disebut Eam inter Cœteras, Paus Pius VI menyusun kembali keuskupan kuno Galtellì, yang telah dihapuskan oleh Paus Aleksander VI pada tahun 1496. Namun , bekas kursi Galtelli berukuran kecil dan dinilai tidak cocok sebagai rumah tahta uskup, dan pilihan kursi baru jatuh pada Nuoro. Selama berabad-abad ini sudah menjadi tempat kedudukan pievania, pertama di gereja kuno St Aemilian, dan kemudian di gereja Santa Maria ad Nives, setidaknya berasal dari gereja pertama. setengah abad keenam belas. Dalam mendirikan kembali keuskupan, Pius VI memilih gereja tersebut sebagai katedralnya.[1]

Pada tahun 1828, Uskup Galtelli-Nuoro, Antonio Maria Casabianca, ditempatkan di bawah larangan, dan segera setelah itu Giovanni Maria Bua, Uskup Agung Oristano, diangkat sebagai administrator apostolik keuskupan.[2]

Buo menilai gereja kuno itu terlalu kecil untuk dijadikan katedral permanen dan memerintahkan agar gereja itu dirobohkan agar bisa dibangun gereja baru.[3] Ia mempercayakan pekerjaan merancang ini kepada Franciscan, Frà Antonio Cano (1779–1840), yang pernah mempelajari arsitektur di Roma[4] dan yang telah bekerja pada penghancuran dan pembangunan kembali gereja-gereja di Oristano.[5] Cano adalah seorang pematung dan saudara awam dari Ordo Konventual Saudara Kecil.[6]

Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 12 November 1836, tak lama setelah Charles Albert dari Sardinia mendeklarasikan Nuoro sebagai sebuah kota.[7] Anggaran untuk pekerjaan pembangunan adalah 34.000 Sardinian Lire, dan seorang komentator Inggris mencatat bahwa gereja baru tersebut tampaknya terlalu besar, karena Nuoro sudah memiliki delapan gereja lainnya.[8]

Pada tahun 1840, Cano jatuh dari perancah di katedral[9] dan meninggal dalam beberapa jam.[6] Secara kebetulan, Buo juga meninggal pada tahun yang sama.[3] Pekerjaan pembangunan terhambat karena kemunduran ini, dan juga oleh kekurangan dana,[8] namun sebagian besar bangunan telah selesai pada tahun 1853. Katedral baru ditahbiskan pada tanggal 3 Juli 1873 oleh uskup keuskupan, Salvatore Angelo Demartis,[10] dan oleh Uskup Francesco Zunnui Casula.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fernand Hayward, Jean Imbert, Sardaigne terre de lumiere (1956), hal. 117 (di Perancis): "En 1779, Pie VI érigeait la collégiale de Nuoro en cathédréale et créait ainsi le diocèse de Galtelli-Nuoro."
  2. ^ Giuseppe Zichi, I cattolici sardi e il Risorgimento (2015), hal. 100 Diarsipkan 2023-01-08 di Wayback Machine.
  3. ^ a b c Ireneo Bellotta, I santi patroni d'Italia (Roma: Newton Compton, 1988), hal. 198 (dalam bahasa Italia)
  4. ^ Giuseppe Dessì, Scoperta della Sardegna: antologia di testi di autori italiani e stranieri (Milan: Edizioni Il Polifilo, 1965), hal. 320 (dalam bahasa Italia): "Quest'architetto era un monaco francescano per nome frà Antonio Cano, il quale credeva d'aver studiato in Roma l'architettura ... È monsignor Giovanni Maria Bua che fu archivescovo di Oristano dal 1828 al 1840 e amministratore apostolico di Galtellì-Nuoro..."
  5. ^ Alberto Ferrero della Marmora, Itinéraire de l'ile de Sardaigne : pour faire suite au Voyage en cette contrée, Volume 2, Volume 149 (Frères Bocca, 1860), hal. 162–163 Diarsipkan 2023-01-07 di Wayback Machine. (dalam bahasa Prancis )
  6. ^ a b Pietro Meloni-Satta, Effemeride Sarda: Col l'aggiunta d 'alcuni cenni biografici (1877), hal. 170: "Lo scultore Antonio Lo scultore Antonio Cano, frate laico dei Minori Conventuali, cade da un pontaggio della Cattedrale di Nuoro, in costruzione, dan dopo alcune ore cessa di vivere."
  7. ^ Franco Fresi, Guida insolita ai misteri, ai segreti, alle leggende e alle curiosità della Sardegna (2015), hal. 56 Diarsipkan 2023-01-06 di Wayback Machine.
  8. ^ a b J. W. Tyndale, Pulau Sardinia, Termasuk Gambar Tata Krama dan Adat Istiadat Orang Sardinia, dan Catatan tentang Benda Purbakala dan Benda Modern yang Menarik di Pulau (London: Richard Bentley, 1849), hal. 197–198 https://books.google.co.uk/books?id=iS1MK7UeMrMC&pg=PA197 Diarsipkan 2023-01-06 di Wayback Machine.
  9. ^ Gianmichele Lisai, Antonio Maccioni, Guida curiosa ai luoghi insoliti della Sardegna (Newton Compton Editori, 14 November 2019), hal. 47 Diarsipkan 2023-01-06 di Wayback Machine. (dalam bahasa Italia): "…Antonio Cano, morto improvvisamente nel 1840 in seguito alla caduta da un'impalcatura nel corso dei lavori della cattedrale diNuoro."
  10. ^ Cattedrale, anniversario della Dedicazione Diarsipkan 2023-01-06 di Wayback Machine. , diocesidinuoro.it, 2 Juli 2019, diakses 6 Januari 2023 (dalam bahasa Italia)