Katedral Novo Hamburgo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Novo Hamburgo
Katedral-Basilika Santo Louis Gonzaga
Katedral Novo Hamburgo
LokasiNovo Hamburgo
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Novo Hamburgo

Katedral Novo Hamburgo yang bernama resmi Katedral-Basilika Santo Louis Gonzaga adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Novo Hamburgo, Rio Grande do Sul, Brasil.[1]

Fondasi Gereja masa depan dimulai pada tanggal 7 Januari 1924, setelah membeli tanah seluas 9.650m ², yang sekarang menjadi Basilika Katedral St. Louis Gonzaga. Gereja baru ini rencananya akan dibangun dengan tiga bagian tengah, dan panjang rata-rata 25m kali lebar 18m oleh Arsitek Jose Lutzenberger, dan pengerjaannya disponsori oleh Konstruksi Breidenbach Mosmann & Cia.

Pada tanggal 6 Juni 1952, Uskup Agung Dom Vicente Scherer, Porto Alegre, memberkati Matrix yang baru. Itu menutupi sebagian bangunan pada bulan Juli 1953. Pada tanggal 21 Maret 1954, sebagian dari Matrix diresmikan dan keesokan harinya kapel tersebut dibongkar pada tahun 1924 (bahannya dikirim untuk membangun sebuah paroki di distrik Rondônia, yang disebut Lady. Of Thanks). Pada tahun 1956, tembok pemisah dihancurkan dan ditempatkan skala megah Bait Suci baru. Pada tahun yang sama dipasang organ berbentuk tabung "Bohn" (saat ini bernilai US$133.000).

Pada tahun 1959 dikontrak pelukis Italia Aldo Locatelli untuk membuat lukisan suci São Luiz Gonzaga, pelindung Paroki St. Louis dan saat ini dapat dilihat di pastoran gereja ini. Dengan pembentukan Keuskupan Novo Hamburgo pada tanggal 30 Maret 1980, diangkat menjadi Katedral São Luiz Gonzaga. Katedral ini baru ditahbiskan pada tanggal 12 Oktober 1991. Katedral ini menjadi Katedral Didedikasikan dan sejak tanggal tersebut mendapat gelar Basilika Katedral St. Louis Gonzaga. Antara tahun 1994 dan 1995 restorasi besar-besaran dilakukan pada menara penerangan eksternal dan samping (78 lampu sorot natrium terpasang).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Basílica São Luiz Gonzaga". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-19. Diakses tanggal 2011-07-14.