Katedral Nouméa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Nouméa
Gereja Katedral Santo Yosef di Nouméa
Katedral Nouméa
LokasiNouméa
NegaraKaledonia Baru
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Nouméa

Katedral Nouméa (Prancis: Cathédrale Saint-Joseph de Nouméa) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Nouméa, Kaledonia Baru. Katedral Nouméa didedikasikan untuk Santo Yosef. Katedral ini telah menjadi takhta Keuskupan Agung Nouméa sejak tahun 1966, tempat bekas Vikariat Apostolik Nouvelle-Calédonie diangkat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral, didedikasikan untuk Santo Yosef, suami dari Perawan Maria, dibangun antara tahun 1887 dan 1897 sebagai tempat kedudukan Vikaris Apostolik Nouvelle-Calédonie (dibuat tahun 1847) dengan narapidana kerja untuk rencana oleh mantan tahanan, Labulle tertentu. Katedral Nouméa diberkati pada tanggal 26 Oktober 1890 oleh Père Xavier Montrouzier, almoner rumah sakit, dibuka pada Hari Raya Semua Orang Kudus berikutnya, dan ditahbiskan pada tahun 1893 oleh Vikaris Apostolik Fiji, Monseigneur Julien Vidal,[1] sebelum fasad dan menara lonceng selesai seluruhnya.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Katedral memiliki denah dasar berbentuk salib Latin,[2] dan 56 m (184 ft) panjang (lima ruang dengan kubah ogival sexpartite untuk nave, dua ruang lurus dan lima ruang poligonal untuk paduan suara), dengan transept 36 meter (118 ft)* lebarnya, pada sumbu barat daya–timur laut. 155 m (509 ft) tinggi, bangunan diapit di fasad barat daya di kedua sisi serambi oleh dua menara 25 m (82 ft) tinggi dengan batu langkan di bagian atas. (Awalnya dimaksudkan untuk menambahkan menara ke puncak menara, tetapi gagasan itu ditinggalkan karena prevalensi siklon). Kedua menara, penopang dan sekeliling pintu dan jendela terbuat dari batu berlapis (khas bangunan yang dibangun oleh para narapidana), sedangkan dinding lainnya terbuat dari batu puing yang dilapisi dengan kapur.Kayu dan kubah ogival berwarna merah kauri.[3] Atapnya terbuat dari logam bergelombang.

Jendela[sunting | sunting sumber]

Bangunan itu berisi 28 jendela kaca patri yang menggambarkan berbagai orang kudus dan tokoh Alkitab:

Ada juga patung Santa Jean d'Arc berbaju zirah dan membawa standar di teras luar di selatan. Patung tersebut adalah hadiah dari Uskup Orléans pada tahun 1901.[4]

Situs dan konten[sunting | sunting sumber]

Katedral Nouméa yang menghadap ke kota

Katedral ini terletak di ketinggian yang mendominasi pusat kota Nouméa dan dibangun di atas teras buatan yang dibangun antara tahun 1876 dan 1887. Itu digolongkan sebagai monumen historique pada tanggal 20 Agustus 1992, sebagian karena pemandangannya, sebagian karena arsitekturnya menyerupai beberapa katedral Amerika Latin, dan sebagian karena kualitas banyak perabotannya. Ini termasuk altar tinggi, dipahat pada tahun 1860, dan diwarisi dari Mission de Saint-Louis, gereja induk pertama dari vikariat apostolik hingga konsekrasi katedral pada tahun 1893.[1] Lainnya perabot penting adalah ukiran kayu tamanu;[5] singgasana uskup; kapel, di mana holy water stoup raksasa dibuat dari cangkang kerang raksasa (Tridacna gigas);[6] kandil, replika dari Gereja Madeleine di Paris dan dibuat dari salah satu potongan pertama nikel yang ditambang di Kaledonia Baru;[7] ukiran lectern; dan loteng organ.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Histoire du diocèse de Nouméa sur son site officiel". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-19.  (dalam bahasa Prancis)
  2. ^ Denah katedral di situs web keuskupan Diarsipkan 2011-07-23 di Wayback Machine.
  3. ^ Kayu dan kubah ogivalnya berwarna merah kauri seperti di sini, atau putih
  4. ^ boussac.free.fr: Nouméa: La Cathédrale Saint Joseph (dalam bahasa Prancis)
  5. ^ Calophyllum inophyllum; menghasilkan kayu yang keras, dengan warna antara merah muda kecoklatan dan merah paduan suara;
  6. ^ nama sehari-hari kerang ini dalam French adalah bénitier, yang juga merupakan kata untuk "holy water stoup"
  7. ^ « La ville de Nouméa », Nouvelle-Calédonie Tourisme Point Sud File/fiche_La%20ville_de_noumea.pdf Diarsipkan 2012-03-24 di Wayback Machine. (dalam bahasa Prancis)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 22°16′22″S 166°26′40″E / 22.27278°S 166.44444°E / -22.27278; 166.44444