Katedral Nicolet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Nicolet
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
bahasa Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Nicolet
Katedral Nicolet
LokasiNicolet, Quebec
NegaraKanada
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nicolet

Katedral Santo Yohanes Pembaptis [1] ( bahasa Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Nicolet)[2] juga disebut Katedral Nicolet[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota dengan nama yang sama di provinsi Quebec, di bagian timur Kanada. Katedral ini merupakan pusat kedudukan uskup Keuskupan Nicolet.[4] Katedral ini merupakan gereja ke-8 dan gereja katedral ke-5 yang dibangun sejak berdirinya paroki, dan menjadi gereja katedral yang terkenal dengan jendela kaca patrinya.

Paroki Santo Yohanes Pembaptis didirikan pada tahun 1702 sebagai hasil kolonisasi kekuasaan Nicolet (seigneurie de Nicolet). Statusnya ditingkatkan menjadi katedral setelah didirikannya Keuskupan Nicolet dari Keuskupan Trois-Rivieres pada tahun 1885.

Pada tanggal 12 November 1955, tanah longsor menyebabkan kerusakan di pusat kota Nicolet. Meskipun katedral berhasil diselamatkan, letaknya terlalu dekat dengan lokasi kecelakaan dan dianggap tidak aman. Oleh karena itu, struktur yang sekarang dibangun untuk menggantikannya, dimulai tahun 1961 dan selesai tahun 1963.

Pada tanggal 12 Juli 2019, beberapa bahan penutup jatuh dari menara katedral.[5] Sebagai tindakan pencegahan, katedral berhenti membunyikan loncengnya dan menutup pintu masuk yang paling dekat dengan menara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Yohanes Pembaptis di Nicolet
  2. ^ The New England Historical and Daftar Silsilah. Masyarakat Silsilah Bersejarah New England. 
  3. ^ Karel, David (01-01-1992). Kamus artis bahasa Prancis di Amérique du Nord: peintres, pematung, dessinateur, pengukir, fotografer, dan orfèvres. Presses Université Laval. ISBN 9782763772356. 
  4. ^ "Cathédrale de Nicolet – Voyage à travers le Québec". Diakses tanggal 2016-07-07. 
  5. ^ "Clocher de la cathédrale abîmé : les lieux demeurent sécurisés en attente des keahlian". Diakses tanggal 2019-08-05.