Katedral Nevers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Nevers
Katedral Santo Cyriacus dan Julitta
Prancis: Cathédrale Saint-Cyr-et-Sainte-Julitte de Nevers
Katedral Nevers
LokasiNevers
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nevers

Katedral Nevers (Prancis: Cathédrale Saint-Cyr-et-Sainte-Julitte de Nevers) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota dari Nevers, Nièvre, Prancis. Katedral ini didedikasikan untuk Saints Cyricus dan Julitta. Katedral adalah tempat kedudukan Keuskupan Nevers. Ini adalah monumen nasional.[1] Katedral ini ditetapkan sebagai basilika pada pertengahan abad ke-19.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nevers adalah salah satu situs ziarah dalam perjalanan ke Santiago de Compostela. Katedral aslinya didedikasikan kepada para Santo Gervasius dan Protasius sebelum dibangun kembali pada awal abad kesembilan oleh Uskup Jerome.[2] Katedral yang ada saat ini merupakan kombinasi dari dua bangunan, dan memiliki dua apse. Apse dan transept di ujung barat adalah sisa-sisa gereja Romawi, yang dibangun pada abad ke-11,[3] pada fondasi Carolingian.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Setelah bangunan ini mengalami serangkaian kebakaran pada abad ke-13, bagian tengah Gotik dan apse timur ditambahkan ke bagian bergaya Romawi yang masih berdiri.[4] Tidak ada transept di ujung timur.[5] Portal lateral di sisi selatan milik akhir abad ke-15; menara Bohier yang besar dan didekorasi dengan rumit yang menjulang di sampingnya hingga awal abad ke-16. Bagian tengah gotik dan chevet rusak parah akibat pemboman pada bulan Juli 1944 tetapi kemudian dipulihkan.

Katedral ini menyimpan salib kemenangan kayu ek polikrom yang berasal dari sekitar tahun 1200. Pada salib tersebut terdapat ukiran Christus dari kayu kenari. Di setiap ujungnya terdapat medali dengan simbol yang mewakili keempat penginjil.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: Cathédrale Saint-Cyr et Sainte-Julitte, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)
  2. ^ Goyau, Georges. "Tidak pernah." Ensiklopedia Katolik Vol. 10. New York: Robert Appleton Company, 1911. 21 Juni 2023 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  3. ^  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Nevers". Encyclopædia Britannica. 19 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 456–457. 
  4. ^ "The Cathedral St Cyr Ste Julitte", Office de Tourisme Nevers
  5. ^ "Nevers Cathedral", CurateEND
  6. ^ Cren; Kren, Stéphane. "Salib kemenangan katedral Nevers: Teknik melukis dan pemeriksaan". doi:10.4000/medievalista.2321alt=Dapat diakses gratis.