Katedral Navrongo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Navrongo
Gereja Katedral Basilika Bunda Maria dari Tujuh Kesedihan
Cathedral Basilica of Our Lady of Seven Sorrows, Navrongo
Katedral Navrongo
LokasiNavrongo
NegaraGhana
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral, Basilika minor
Status fungsionalAktif
Ditetapkan17 Mei 2006
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Navrongo–Bolgatanga

Katedral Navrongo atau yang bernama resmi Gereja Katedral Basilika Bunda Maria dari Tujuh Kesedihan (bahasa Inggris: Cathedral Basilica of Our Lady of Seven Sorrows, Navrongo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berstatus basilika minor yang terletak di Navrongo, Ghana. Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Navrongo–Bolgatanga.[1]

Katedral ini didedikasikan kepada Perawan Maria pada tanggal 17 Mei 2006.[2] Gereja telah ada selama bertahun-tahun dan dihitung sebagai satu salah satu gereja tertua di Ghana.

Katedral Navrongo, seperti yang dikenal sekarang, dibangun pada tahun 1906 dan diperluas pada tahun 1920. Awalnya disebut "Our Lady of Seven Sorrows", pembangunannya diawasi oleh White Fathers. Dindingnya terbuat dari lumpur (oleh karena itu disebut juga "Katedral Lumpur"), dan atapnya terbuat dari balok kayu. Di bagian dalam, dinding dihiasi dengan bentuk binatang, pemandangan kehidupan sehari-hari, dan tema Kristiani seperti Perjamuan Terakhir dan pemandangan Betlehem di area pintu masuk. Di dalam gereja juga terdapat makam para uskup.

Situs katedral juga memiliki gua dan fasilitas akomodasi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Navrongo Cathedral". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-25. Diakses tanggal 2009-09-22. 
  2. ^ GCatholic.org