Katedral Moulins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Moulins
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de Moulins
Katedral Moulins
LokasiMoulins
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Moulins

Katedral Moulins (Prancis: Basilique-Cathédrale Notre-Dame-de-l'Annonciation de Moulins, har. 'Bahasa Indonesia: Basilika Katedral Bunda Kabar Sukacita Moulins') adalah sebuah gereja katedral dan basilika minor Katolik yang terletak di kota Moulins, Allier, Prancis.[1] Ia juga dikenal sebagai Notre-Dame de Moulins.[2]

Kaca patri jendela di katedral, berasal dari akhir abad ke-15.

Katedral ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Moulins. Ini adalah monumen nasional.

Moulins triptych oleh Maître de Moulins di dalam katedral

Katedral ini memiliki dua fase bangunan berbeda yang berjarak empat abad. Gereja ini dibangun sebagai gereja perguruan tinggi dengan gaya Flamboyan pada akhir abad ke-15. Pada tahun 1822 dijadikan katedral. Untuk ini bagian tengah neo-Gotik , yang dirancang oleh arsitek Lassus dan Millet, ditambahkan pada akhir abad ke-19.

Perbendaharaan berisi triptych yang terkenal oleh Maître de Moulins, yang ditugaskan sekitar tahun 1500 oleh Duke of Bourbon.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilique-Cathédrale Notre-Dame de l'Annonciation, Moulins, Allier, Prancis". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016 -11-17.  Templat:Selfpublished inline
  2. ^ "Accueil - Paroisse Notre Dame de Moulins Moulins - Cathédrale". Paroisse Notre Dame de Moulins (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2022-06-29.