Katedral Moncton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Moncton
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Monumen Pengakuan (Prancis: Le Monument de la Reconnaissance)
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de l’Assomption
Katedral Moncton
46°05′27″N 64°46′54″W / 46.09083°N 64.78167°W / 46.09083; -64.78167
Lokasi226 St-George Street Moncton, New Brunswick
NegaraKanada
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.diomoncton.ca/en/notre-dame-de-lassomptions-cathedral
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Selesai1940
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Moncton
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Valéry Vienneau

Katedral Moncton yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga (Prancis: Cathédrale Notre-Dame de l'Assomption), yang disebut The Monument for Recognition, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Keuskupan Agung dari Moncton, di 226 St-George Street di Moncton, New Brunswick, Kanada.

Sejak tahun 2019, katedral ini telah menjadi lokasi pusat interpretasi, Monumen Pengakuan di abad ke-21 (MR21).[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun di atas fondasi kapel ruang bawah tanah paroki Our Lady of the Assumption, yang didirikan pada tahun 1914 oleh Henri D. Cormier. Louis-Joseph-Arthur Melanson, Uskup Agung pertama dari Keuskupan Agung Moncton, mulai menjabat pada tanggal 22 Februari 1937, dan mengumumkan pada tanggal 9 Januari 1938, miliknya niat untuk mendirikan katedral-basilika yang didedikasikan untuk Perawan Maria. Arsitek yang merancang rencana katedral adalah Louis-Napoléon Audet dari Sherbrooke. Pekerjaan dimulai pada 24 April 1939 oleh perusahaan Ambrose Wheeler dari Moncton, dua hari setelah penandatanganan kontrak. Kabel listrik dipasang oleh perusahaan Quebec M.T.-E. Danaue. Batu penjuru gedung diberkati pada tanggal 13 Juni 1939, pukul 15.00 oleh Melanson. Bagian luar dan dalam bangunan selesai dibangun pada musim gugur tahun 1940. Peresmian resmi dilakukan pada tanggal 21 November 1940 didampingi oleh Uskup Agung Quebec Kardinal Villeneuve, Uskup Bathurst Patrice Alexandre Chiasson, dan Uskup Saint John Patrick Albert Bray.

Pusat interpretasi[sunting | sunting sumber]

Pusat interpretasi MR21 menawarkan instalasi digital, termasuk pertunjukan 360 derajat yang menceritakan kehidupan Melanson, uskup agung pertama Keuskupan Agung Moncton, dan orang-orang yang membangun katedral.[1] Pusat ini juga menawarkan pengunjung dua layar interaktif besar yang memungkinkan mereka menemukan sejarah yang tersembunyi di jendela Kaca Patri di transept.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Mercure, Lili. "Notre-Dame-de-l'Assomption: une cathédrale numérique".