Katedral Mende

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Mende
Katedral Perawan Maria Terberkati dan Santo Privatus
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-et-Saint-Privat de Mende
Katedral Mende
LokasiMende
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mende

Katedral Mende (Perancis: Basilique-cathédrale Notre-Dame-et-Saint-Privat de Mende) adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor yang terletak di Departemen Lozere, Prancis. Katedral ini adalah Tahta Uskup Keuskupan Mende. Kantor Pariwisata Kota Mende menggambarkan Katedral sebagai "Permata Pusat Saraf Kota. " Katedral mengabadikan Makam Santo Privatus.[1] Pembangunannya dimulai pada tahun 1369 atas prakarsa Paus Urbanus V. Katedral ini ditahbiskan pertama kali pada tahun 1469. Paus Urbanus V merupakan penduduk asli wilayah yang sebelumnya dikenal sebagai Kabupaten Gévaudan, terletak di ujung paling utara Provinsi Languedoc. Setelah berakhirnya Revolusi Perancis pada tahun 1789, semua batas provinsi dipetakan ulang. Lokasi di sekitar Keuskupan Mende digambar ulang menjadi Departemen Revolusioner Lozere, dinamai berdasarkan puncak gunung di dekatnya.[2]

Dua menara lonceng Katedral ditambahkan antara tahun 1508 dan 1512, menara lonceng besar setinggi 84 meter ditugaskan oleh Uskup François de la Rovère. Menara lonceng kecil ini diresmikan secara bersamaan atas persetujuan pendeta administratif Katedral yang tidak berkonsultasi dengan Uskup mereka mengenai masalah ini. Sengaja dibiarkan polos dan dibangun hanya setinggi 65 meter, ini sungguh perselisihan yang sangat monumental yang belum terselesaikan.

Bangunan ini sebagian hancur selama Perang Agama oleh Mathieu Merle pada tahun 1581 dan kemudian dibangun kembali, "secara identik tetapi tanpa busana atau ornamen" antara tahun 1598 dan 1620. Yang juga hancur dalam insiden ini adalah lonceng besar “Non-Pareille" (tak tertandingi) yang merupakan lonceng terbesar yang pernah ada ketika digantung di menara tempat lonceng bergantung pada tahun 1516. Lonceng ini dapat terdengar hingga jarak lebih dari sepuluh mil.[3] Hanya genta lonceng yang bertahan, dan merupakan harta lokal.

Di dalam Katedral terdapat banyak harta karun Gereja lainnya, termasuk Perawan Kedua Belas, Potret Paus Urbain XIV, organ pipa asli dan perabotannya berasal dari abad ketujuh belas, dan Permadani Aubusson yang dibuat pada tahun 1707.[4]

Madonna Hitam dihormati di Katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Mende". Religiana. Diakses tanggal 25-03-2023. 
  2. ^ "Revolusi Prancis - Majelis Konstituante Nasional | Britannica". www.britannica.com. Diakses tanggal 2023-03-25. 
  3. ^ "Patrimoine". Ville de Mende. Diakses tanggal 2023-03-25. 
  4. ^ "Kisah tentang lonceng: No Equal adalah lonceng terbesar dalam seluruh agama Kristen. Prancis Selatan". Office de pariwisata Mende - Cœur de Lozère. Diakses tanggal 2023-03-25.