Katedral Münster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Münster
Gereja Katedral Santo Paulus
Jerman: St.-Paulus-Dom
Katedral Münster
Katedral Münster di Jerman
Katedral Münster
Katedral Münster
51°57′47″N 7°37′32″E / 51.96306°N 7.62556°E / 51.96306; 7.62556Koordinat: 51°57′47″N 7°37′32″E / 51.96306°N 7.62556°E / 51.96306; 7.62556
LokasiMünster
NegaraJerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.paulusdom.de
Arsitektur
GayaRomanesque dan Gotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Münster
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Felix Genn
ProvostHans-Bernd Köppen
DekanChristoph Hegge

Katedral Münster atau Gereja Katedral Santo Paulus (Jerman: St.-Paulus-Dom) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Münster, Jerman. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Paulus. Gereja ini termasuk di antara bangunan gereja paling penting di Münster dan, bersama dengan Balai Kota, merupakan salah satu simbol kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini berdiri di jantung kota, di sebuah bukit kecil bernama Horsteberg, yang dikelilingi oleh jalan Roggenmarkt, Prinzipalmarkt dan Rothenburg serta di dekat Münstersche Aa sungai. Kawasan ini, yang juga berisi Domplatz dan bangunan di sekitarnya, adalah Domburg lama. Saat ini katedral adalah gereja paroki untuk wilayah ini. Di sebelah barat katedral terdapat istana uskup dan bagian dari kompleks kuria lama bersama dengan kapitel katedral saat ini.

Katedral memiliki dua pendahulu. Katedral pertama (disebut Ludgerus Dom, 805–1377) berdiri di sebelah utara katedral saat ini; katedral kedua dibangun pada abad kesepuluh atau kesebelas dan dihancurkan selama pembangunan katedral ketiga dan saat ini antara tahun 1225 dan 1264. westwerk yang megah dengan menaranya yang hampir identik dibangun sebagai bagian dari katedral kedua sekitar tahun 1192 dan dimasukkan ke dalam gedung saat ini. Hasilnya, katedral ini merupakan campuran gaya, menggabungkan Romanesque bangunan barat, paduan suara tua, dan menara barat dengan bagian tengah Gotik, transept, paduan suara tinggi, dan lingkaran kapel. .

Masing-masing bangunan katedral berfungsi sebagai gereja katedral Keuskupan Münster, namun masing-masing juga memiliki fungsi tambahan, setidaknya pada saat tertentu. Katedral Carolingian yang asli juga merupakan gereja perguruan tinggi untuk sebuah biara yang didirikan oleh Liudger, dengan para biarawan yang tinggal di bawah pemerintahan Chrodegang. Setiap katedral berfungsi sebagai gereja paroki, awalnya untuk seluruh Münster. Sebagai hasil dari pendirian gereja paroki selanjutnya, distrik paroki katedral dikurangi menjadi Domburg Lama dan Domimmunität pada tahun 1090. Pada paruh pertama abad ketiga belas, Gereja Santo Yakobus dibangun di Domplatz. Dengan selesainya gereja ini, katedral yang saat itu sedang dibangun kehilangan fungsinya sebagai gereja paroki seluruhnya. Sejak pembongkaran St Jacobi pada tahun 1812, katedral ini kembali berperan sebagai gereja paroki untuk Domburg Lama dan Domimmunität.

Katedral ini berisi makam mantan Uskup Münster Clemens August Graf von Galen, yang menjadi kardinal sesaat sebelum kematiannya pada tahun 1946 dan beatifikasi oleh Paus Benediktus XVI pada tahun 2005.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]