Katedral Lugano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lugano
Katedral Santo Laurensius
bahasa Italia: Cattedrale di San Lorenzo
Katedral Lugano
LokasiLugano
NegaraSwiss
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan818
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaArsitektur Gotik, Renaissance, dan Baroque
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lugano
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Pier Giacomo Grampa

Katedral Lugano atau yang bernama resmi Katedral Santo Laurensius (bahasa Italia: Cattedrale di San Lorenzo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lugano, Ticino, Swiss. Didirikan pada Abad Pertengahan Tinggi tetapi dibangun kembali pada akhir abad ke-15, dengan fasad selesai pada tahun 1517. Katedral ini adalah tempat pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Lugano.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dikenal di situs ini sejak tahun 818. Pada tahun 1078 dijadikan gereja perguruan tinggi, menjadi katedral pada tahun 1888. Bangunan asli Romawi diorientasikan berlawanan dengan gereja sekarang, seperti yang ditunjukkan oleh sisa-sisa apse yang ditemukan di bawah parvise saat ini. Pada abad ke-15 gereja diperluas dan pintu masuk dipindahkan ke posisi sekarang, sedangkan atap terbuka ditutupi oleh langit-langit groin vault.

Terjadi renovasi besar-besaran pada tahun 1905-1910, ketika beberapa kapel Barok dihancurkan dan interiornya diberi lukisan dinding oleh Ernesto Rusca.

Detail arsitektur[sunting | sunting sumber]

Fitur utama gereja adalah fasadnya, yang terinspirasi oleh Certosa di Pavia karya Giovanni Antonio Amadeo. Itu terbuat dari batu putih dari Saltrio dan Viggiù dan dari marmer Carrara, dan dibagi dalam tiga sektor oleh empat kolom palsu yang menopang entablature. Di sektor tengah terdapat portal utama dan jendela mawar besar dengan dekorasi kerub yang dibuat setelah tahun 1578. Dekorasi bingkai portal berkualitas tinggi, dengan gambar putto, burung dan singa-protome. Portal pusat, yang disebut "Portal Orang Suci", memiliki lima medali dengan relief, menggambarkan empat orang suci dan, di tengahnya, Perawan dengan Anak. Di antara bingkai portal dan entablature terdapat dua malaikat yang membawa obor, menyerupai dekorasi lengkungan kemenangan Romawi.

Di antara portal, di dalam bingkai persegi, terdapat patung Empat Penginjil dan patung Raja Solomon dan David. Dekorasi entablature memiliki 17 tokoh, termasuk karakter alkitabiah dan Sibyls. Juga hadir patung-patung binatang, sementara restorasi pada tahun 2002 menunjukkan jejak-jejak lukisan dinding. Portal utama gereja Romawi kini dipindahkan ke sakristi.

Menara lonceng ini, di bagian bawahnya, berasal dari gereja Romawi. Dua lantai atas berada dalam Gaya Barok dengan lentera segi delapan yang ditutupi oleh kubah, dirancang oleh Costante Tencalla.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 46°00′17″N 8°56′55″E / 46.0046°N 8.9486°E / 46.0046; 8.9486