Katedral Lombez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lombez
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Sainte-Marie de Lombez
Katedral Lombez
LokasiLombez
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Auch

Katedral Lombez (Cathédrale Sainte-Marie de Lombez; Église Notre-Dame) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lombez, Prancis.[1] Telah menjadi monument historique sejak tahun 1846.[2]

Itu adalah kedudukan bekas Keuskupan Lombez, yang dibubarkan oleh Konkordat 1801 dan dibagi antara Keuskupan Bayonne dan Keuskupan Agung Toulouse.

Membangun sejarah[sunting | sunting sumber]

Ini adalah gereja batu bata abad ke-14 dengan menara lonceng segi delapan berornamen berwarna merah muda dan putih yang dibangun pada sekitar tahun 1800-an. 1346. Sebuah plakat di sebelah kanan pintu masuk dataran barat mencatat kunjungan penyair Italia Petrarch pada tahun 1330, yang diatur oleh uskup, Jacques Colonna (1328–41), juga keturunan Italia, yang menjadikan Petrarch sebagai kehormatan kanon pada tahun 1335. Fasad barat kosong khas Gotik Prancis Selatan hanya dihilangkan dengan lingkaran kecil dan pintu masuk Flamboyan dari batu. Bagian luar yang parah merupakan ciri khas wilayah Toulouse dengan penopang yang tinggi di sekitar chevet.

Di bawah menara di bagian dalam terdapat baptisterium abad ke-12 yang luar biasa, yang merupakan bagian dari gereja sebelumnya. font pembaptisan timah terbuat dari dua bagian, bagian bawah dihiasi dengan tokoh agama dalam medali bergaya abad ke-13, dan bagian atas dengan dekorasi pemandangan sekuler berdesain antik. Sumbat di bagian dasarnya menunjukkan bahwa itu digunakan untuk penyelaman total yang dilakukan hingga abad ke-9.

Barang penting lainnya adalah kios paduan suara kenari abad ke-17, altar di marmer Carrara yang ditahbiskan pada tahun 1753, dan organ abad ke-18 di ujung barat. Tiga panel kaca berwarna cemerlang abad ke-15-16 di chevet dibuat oleh para pengikut Arnaud de Moles, dipugar pada abad ke-19, dan menggambarkan pemandangan dari Kehidupan Kristus dan Sengsara. Sisa kacanya berasal dari abad ke-19.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ancienne cathédrale Sainte -Marie, Lombez, Gers, Prancis". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2017-08-14. 
  2. ^ Base Mérimée: Lombez - Eglise Notre-Dame, ancienne cathédrale, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)