Katedral Lodève

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lodève
Katedral Santo Fulcran
Prancis: Cathédrale Saint-Fulcran de Lodève
Katedral Lodève
LokasiLodève
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Montpellier

Katedral Lodève (Prancis: Cathédrale Saint-Fulcran de Lodève) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lodève, Hérault, selatan Prancis. Bangunan ini adalah contoh khas arsitektur Gotik lokal.

Lodève adalah kota kuno asal Celtic, terletak sekitar 50 kilometer (saat terbang) dari pantai Mediterania. Letaknya di kaki pegunungan wilayah Languedoc-Roussillon, sekitar 45 kilometer barat laut Montpellier. Bekas Keuskupan Lodève, mungkin didirikan menjelang akhir abad ke-4, ditindas selama Revolusi Prancis dan tidak dipulihkan; wilayahnya malah dimasukkan ke dalam Keuskupan, yang kemudian menjadi Keuskupan Agung, Montpellier. Tahta Lodève dipulihkan pada tahun 1877 atas nama Uskup Montpellier.

Katedral ini, bekas tempat kedudukan Uskup Lodève, dimasukkan ke dalam monumen sejarah nasional pada tahun 1840.[1]

Pelindung[sunting | sunting sumber]

Awalnya katedral ini didedikasikan untuk Santo Genesius dari Arles, seorang juru tulis hukum di Arles, yang dipenggal pada tahun 303 selama penganiayaan Diokletianus (kemartirannya digambarkan pada batu kunci lemari besi apse). Sejak tahun 1410 katedral ini didedikasikan kepada Santo Fulcran, yang sebagai uskup Lodève merestorasi katedral pada abad ke-10.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: PA00103478, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis) Ancienne cathédrale , sebenarnya adalah paroissiale Saint-Fulcran