Katedral Lisieux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lisieux
Katedral Santo Petrus
Prancis: Cathédrale Saint-Pierre de Lisieux
Katedral Lisieux
LokasiLisieux
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Bayeux

Katedral Lisieux (Prancis: Cathédrale Saint-Pierre de Lisieux) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Lisieux, Prancis .

Katedral yang sekarang dibangun antara tahun 1170 dan pertengahan abad ke-13 melalui prakarsa Uskup Arnulf. Itu adalah kursi Keuskupan Lisieux sampai Keuskupan Lisieux dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801 dan digabungkan menjadi Keuskupan Bayeux. Bangunan ini tingginya 110 meter dan merupakan monumen nasional.[1]

Bagian depan barat bangunan terdiri dari tiga portal yang di atasnya terdapat dua menara. Menara selatan dibangun pada abad ke-16 dan di puncaknya terdapat flèche abad ke-17. Penopang ditambahkan di sisi selatan pada abad ke-15. Katedral ini bertahan Perang Dunia II secara utuh, meskipun kota tersebut mengalami pemboman Sekutu pada tahun 1944.

Sejak awal, sang arsitek merancang kubah rusuk segi empat dan penopang terbang, menjadikannya salah satu bangunan Gotik pertama di Normandia. Panti umat cukup sederhana dan terinspirasi oleh gaya arsitektur Gotik Île de France, sedangkan bagian bangunan terbaru dibangun pada abad ke-18 (chevet, menara lentera dan fasad barat) dalam gaya Norman.

Katedral sebelumnya diperkirakan telah ada sejak abad ke-6, karena ada seorang Uskup Lisieux sejak saat itu, namun tidak ada yang diketahui mengenai bangunan sebelumnya.

Ada klaim yang salah bahwa Henry Plantagenet, Pangeran Anjou, Adipati Normandia dan calon raja Inggris, menikah dengan Eleanor dari Aquitaine di katedral pada tahun 1152. Bahkan mereka menikah di Katedral Poitiers. Setelah terlibat dalam persidangan Jeanne d'Arc, Pierre Cauchon diangkat sebagai Uskup Lisieux pada tahun 1432 dan dimakamkan di sana.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ministère de la Culture, Eglise Saint-Pierre, ancienne cathédrale (dalam bahasa Prancis), diakses 1 November 2022