Katedral Lisboa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Katedral Lisbon)
Katedral Lisboa
Katedral Patriarkal Santa Maria Mayor
Portugis: Santa Maria Maior de Lisboa
Katedral Lisboa
Katedral Lisboa di Portugal
Katedral Lisboa
Katedral Lisboa
38°42′35.46″N 9°07′58.74″W / 38.7098500°N 9.1329833°W / 38.7098500; -9.1329833Koordinat: 38°42′35.46″N 9°07′58.74″W / 38.7098500°N 9.1329833°W / 38.7098500; -9.1329833
LokasiLisboa
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.patriarcado-lisboa.pt
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaRomanesque, Gotik, Baroque
Spesifikasi
Panjang90 meter (300 ft)
Lebar40 meter (130 ft)
Tinggi12 meter (39 ft)
Administrasi
Keuskupan AgungPatriarkat Lisboa
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Dom Manuel Kardinal Clemente

Katedral Lisboa (Portugis: Santa Maria Maior de Lisboa atau Sé de Lisboa; Katedral Patriarkal Santa Maria Mayor), sering kali dijuluki , adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Lisboa, ibu kota Portugal. Gereja ini merupakan gereja tertua di kota Lisboa dan juga merupakan tempat berkedudukannya Patriarkat Lisboa. Semenjak katedral ini mulai dibangun pada tahun 1147, bangunan ini telah dimodifikasi beberapa kali dan tetap berdiri meskipun telah beberapa kali diguncang oleh gempa bumi. Katedral ini memiliki unsur-unsur Romanesque, Gothik, dan Baroque. Katedral Lisboa telah didaftarkan sebagai Monumen Nasional semenjak tahun 1910.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembuatan ulang Katedral Lisbon abad ke-16 oleh Alfredo Roque Gameiro (1864–1935) menurut lukisan abad ke-16 yang ada

Lisboa telah menjadi pusat keuskupan sejak abad ke-4 (lihat Patriarkat Lisbon). Setelah periode dominasi Visigoth, kota ini ditaklukkan oleh bangsa Moor dan tetap berada di bawah kendali Arab dari abad ke-8 hingga ke-12, meskipun umat Katolik diizinkan untuk tinggal di Lisbon dan sekitarnya. Pada tahun 1147, kota ini ditaklukkan kembali oleh pasukan yang terdiri dari tentara Portugis yang dipimpin oleh Raja Afonso Henriques dan tentara salib Eropa Utara yang mengambil bagian dalam Perang Salib Kedua (lihat Pengepungan Lisbon). Seorang tentara salib Inggris bernama Gilbert dari Hastings ditempatkan sebagai uskup, dan sebuah katedral baru dibangun di lokasi masjid utama Lisbon.

Pemandangan lorong samping bergaya Romawi di Katedral Lisbon.

Bangunan pertama ini selesai dibangun antara tahun 1147 dan dekade pertama abad ke-13 dengan gaya Romawi Akhir. Saat itu relik Santo Vincentius dari Saragossa, santo pelindung Lisbon, dibawa ke katedral dari Portugal Selatan. Pada akhir abad ke-13 Raja Dinis dari Portugal membangun biara Gotik, dan penggantinya Afonso IV dari Portugal mengubah kapel utama menjadi panteon kerajaan bergaya Gotik untuk dia dan keluarganya. Pada tahun 1498, Ratu Eleanor dari Viseu mendirikan Irmandade de Invocação a Nossa Senhora da Misericórdia de Lisboa (Persaudaraan Doa kepada Bunda Pengasih dari Lisbon) di salah satu kapel di biara katedral.[1] Persaudaraan ini berkembang menjadi Santa Casa da Misericórdia de Lisboa, sebuah lembaga amal Katolik yang kemudian menyebar ke kota-kota lain dan memiliki peran yang sangat penting di Portugal dan koloninya.

Selama masa peralihan pemerintahan Portugis pada tahun 1383–1385, masa peralihan pemerintahan Portugis pada tahun 1383–1385, masyarakat curiga bahwa Uskup Dom Martinho Annes sedang berkomplot dengan Castilia dan massa yang marah melemparkannya keluar jendela menara utara.[2]

Kubah Gotik pada jendela rawat jalan dan clerestory.

Gempa bumi selalu menjadi masalah bagi Lisboa dan katedralnya. Selama abad ke-14 dan ke-16, terdapat beberapa gempa bumi, namun yang terburuk adalah gempa Lisbon tahun 1755, yang menghancurkan kapel utama Gotik serta panteon kerajaan. Biara dan banyak kapel juga hancur akibat gempa dan kebakaran yang terjadi setelahnya. Katedral ini sebagian dibangun kembali dan, pada awal abad ke-20, mendapatkan tampilan seperti sekarang ini setelah renovasi besar-besaran.

Penggalian arkeologi di serambi Katedral

Dalam beberapa tahun terakhir, halaman tengah biara telah digali dan menunjukkan tanda-tanda periode Romawi, Arab, dan abad pertengahan. Penggalian dimulai di Katedral Cloister pada tahun 1990. Mereka telah mengungkapkan jalan Romawi dengan toko-toko di kedua situs tersebut. Bagian dari dapur Romawi dan "kloaka" (sistem pembuangan limbah) dan jejak bangunan Visigoth selanjutnya. Bagian yang sangat terlihat dari bangunan Moor dengan dinding merah yang terkait dengan bekas masjid yang pernah berdiri di situs ini juga digali.[3]

Pada tahun 2020, sisa-sisa kompleks Almoravid, yang menurut para peneliti adalah masjid, ditemukan. Graça Fonseca, Menteri Kebudayaan Portugal, menetapkan bahwa jenazah Muslim harus disimpan di tempatnya.[4][5]

Seni dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral Lisboa merupakan bangunan berbentuk salib Latin dengan tiga lorong, sebuah transept dan kapel utama yang dikelilingi oleh kloister. Gereja terhubung dengan biara di sisi Timur. Fasad utama katedral tampak seperti benteng, dengan dua menara mengapit pintu masuk dan crenellation di atas dinding. Penampakan yang mengancam ini, juga terlihat di katedral-katedral Portugis lainnya pada masa itu, merupakan peninggalan dari periode Reconquista, ketika katedral dapat digunakan sebagai markas untuk menyerang musuh selama pengepungan.

Romawi[sunting | sunting sumber]

Dari periode pembangunan pertamanya (1147 hingga dekade pertama abad ke-13), Katedral Lisboa telah mempertahankan fasad Barat dengan jendela mawar (dibangun kembali dari pecahan pada abad ke-20), portal utama, portal lateral Utara dan bagian tengah katedral. Portal-portal tersebut memiliki pahatan kolom yang menarik dengan motif Romawi. Bagian tengahnya ditutupi oleh barrel vault dan memiliki galeri melengkung di bagian atas (triforium). Cahaya masuk melalui jendela mawar pada fasad dan transept Barat, jendela sempit di lorong lateral bagian tengah serta jendela menara lentera transept. Denah umum katedral ini sangat mirip dengan Katedral Lama Coimbra, yang berasal dari periode yang sama. Salah satu kapel rawat jalan memiliki gerbang besi bergaya Romawi yang menarik.

Makam Gotik ksatria Lopo Fernandes Pacheco, Penguasa Ferreira de Aves ke-7, di rawat jalan Katedral Lisbon.

Gotik[sunting | sunting sumber]

Pada akhir abad ke-13 Raja Dinis dari Portugal memerintahkan pembangunan sebuah biara bergaya Gotik, yang rusak parah akibat gempa bumi tahun 1755. Di dekat pintu masuk katedral, seorang saudagar kaya, Bartolomeu Joanes, membangun kapel pemakaman untuk dirinya sendiri pada awal abad ke-14. Makamnya beserta sosok petelurnya masih ada di dalam. Beberapa waktu kemudian, Raja Afonso IV dari Portugal mengganti apse bergaya Romawi dengan kapel utama Gotik yang dikelilingi oleh kloister dengan kapel yang memancar. Raja dan keluarganya dimakamkan di kapel utama, tetapi makam mereka dan kapel itu sendiri hancur akibat gempa bumi tahun 1755. Rawat jalan masih bertahan dan merupakan karya penting dalam sejarah Gotik Portugis. Terdiri dari lorong melingkar – tidak terhubung ke kapel utama – dengan serangkaian kapel yang memancar. Lantai kedua rawat jalan ditutupi oleh ribbed vault dan memiliki serangkaian jendela (klerestori) yang menyinari interior dengan cahaya berlimpah.

Rawat jalan ini berisi tiga makam Gotik yang luar biasa dari pertengahan abad ke-14. Satu makam milik Lopo Fernandes Pacheco, Penguasa ke-7 Ferreira de Aves, seorang bangsawan yang melayani Raja Afonso IV. Sosoknya yang sedang berbaring tampak memegang pedangnya dan dijaga oleh seekor anjing. Istrinya, Maria de Vilalobos, muncul di atas makamnya sambil membaca Buku Jam. Makam ketiga milik seorang putri kerajaan yang tidak diketahui identitasnya. Semua makam dihiasi dengan lambang.

Biara Gotik Katedral Lisboa. Setiap okulum di atas lengkungan kembar memiliki pola rautnya yang berbeda.

Pada kuartal terakhir abad ke-15 diyakini bahwa Panel Santo Vincentius yang terkenal, yang dilukis oleh Nuno Gonçalves, ditempatkan di kapel rawat jalan St Vincent. Mereka tetap di sana setidaknya sampai tahun 1690 dan disimpan di katedral sampai tahun 1742. Mereka kemudian dipindahkan ke istana Mitra.[6] Panel-panel tersebut sekarang berada di Museu Nacional de Arte Antiga (Museum Nasional Seni Kuno) di Lisbon.

Zaman modern[sunting | sunting sumber]

Selama abad ke-17, sakristi yang bagus dibangun dengan gaya arsitektur Barok dan, setelah tahun 1755, kapel utama dibangun kembali dengan gaya neoklasik dan Rococo (termasuk makam Raja Afonso IV dan keluarganya). Machado de Castro, pematung terkemuka Portugal pada akhir abad ke-18, adalah penulis tempat tidur bayi yang megah di kapel Gotik Bartomoleu Joanes. Pada awal abad ke-20, sebagian besar dekorasi neoklasik dari luar dan dalam katedral dihilangkan untuk memberikan tampilan katedral yang lebih "abad pertengahan".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Khusus
  1. ^ Santa Casa da Misericórdia de Lisboa. "História". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 May 2011. Diakses tanggal 9 January 2011. 
  2. ^ Lisbon. Art and history (dalam bahasa Inggris). Florence: Bonechi. 2000. hlm. 32. ISBN 88-8029-394-X. 
  3. ^ "Penggalian arkeologi di Biara Katedral Lisbon, Portugal". citygomaps.blogspot.com. 
  4. ^ "Vestígios muçulmanos vão ser integrados na Sé de Lisboa" (dalam bahasa Portugis). Diário de Notícias. Diakses tanggal 13 December 2021. 
  5. ^ "Vestígios da mesquita do século XII descoberta na Sé de Lisboa vão ser preservados" (dalam bahasa Portugis). TSF. 14 October 2020. Diakses tanggal 13 December 2021. 
  6. ^ Adriano de Gusmão, Nuno Gonçalves; Majalah Burlington Vol. 98, No. 638 (Mei 1956), hlm. 166, 169
Umum
  • Portugal/1 - Europa Romanica, Gerhard N Graf, Ediciones Encuentro, Madrid, 1987
  • "Sé de Lisboa" (dalam bahasa Portuguese). Instituto de Gestão do Património Arquitectónico e Arqueológico (IGESPAR). 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-04. Diakses tanggal 2011-01-09. 
  • "Sé de Lisboa" (dalam bahasa Portuguese). IHRU - Instituto da Habitação e da Reabilitação Urbana. 2008. Diakses tanggal 2011-01-09. [pranala nonaktif permanen]