Katedral Limoges

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Limoges
Katedral Santo Stefanus
Prancis: Cathédrale Saint-Étienne de Limoges
Katedral Limoges
LokasiLimoges
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Limoges

Katedral Limoges (Prancis: Cathédrale Saint-Étienne de Limoges) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Limoges, Prancis. Ini adalah monumen nasional dan kedudukan Keuskupan Limoges. Katedral ini menggunakan gaya arsitektur Gotik, Renaissance dan Romawi.

Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1273 dan baru selesai pada tahun 1888, ketika bagian tengah dihubungkan ke belfry, menara lonceng yang bagus, sebagian berbentuk segi delapan. Kota ini terkenal dengan layar benteng Renaisans dengan relief kerja keras Hercules, dibangun pada tahun 1534 dan dipindahkan ke ujung barat bagian tengah selama revolusi, dan untuk makam uskup Jean de Langeac (yang menugaskan layar rood) yang di atasnya terdapat ukiran adegan Apocalypse, terinspirasi oleh Dürer.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Dinding Romawi ruang bawah tanah memiliki lukisan dinding indah yang melambangkan Kristus dalam kemuliaan. Beberapa lukisan abad pertengahan masih terlihat di beberapa kapel (termasuk perwakilan musisi malaikat) tetapi hampir semuanya merupakan lukisan dinding dari abad ke-19.

Katedral Limoges memiliki dua organ: instrumen neoklasik yang dibuat oleh Georges Danion pada tahun 1963 dan organ paduan suara, dipasang pada tahun 1850.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]