Katedral Liepāja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Liepāja
Katedral Santo Yosef
bahasa Latvia: Liepājas Svētā Jāzepa Romas katoļu katedrāle
Katedral Liepāja
LokasiLiepāja
NegaraLatvia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Liepāja

Katedral Liepāja atau yang bernama resmi Katedral Santo Yosef[1] (bahasa Latvia: Liepājas Svētā Jāzepa Romas katoļu katedrāle) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Liepāja,[2] Latvia.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Liepaja awalnya memiliki gereja kayu kecil yang dibangun pada tahun 1508 dan didedikasikan untuk Santa Anna. Sekitar tahun 1560 gereja ini diubah menjadi tempat ibadah Lutheran. Setelah Reformasi, umat Katolik harus melakukan perjalanan ke Lituania untuk menerima baptisan dan sakramen-sakramen lainnya, karena mereka tidak memiliki tempat ibadah Katolik.

Pada tahun 1747 sebuah gereja batu kecil yang didedikasikan untuk Santo Yosef dibangun di Liepāja. Ibadah keagamaan awalnya hanya dilakukan pada hari Minggu ketiga setiap bulan. Dengan perkembangan kota dan bertambahnya jumlah umat beriman, gereja lama segera menjadi terlalu kecil. Intone melaksanakan pembangunan gereja neo-Romawi baru, yang dirancang oleh arsitek Luis Melvil. Itu selesai dan ditahbiskan pada tahun 1911 untuk menghormati Santo Yosef.

Pada tanggal 8 Mei 1937, dengan bulla Aeterna salus animarum, Paus Pius XI mendirikan Keuskupan Liepaja dan gereja Santo Yosef diangkat menjadi katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ gcatholic.org
  2. ^ Jarvis, Howard; Oates, John (2011- 02-05). DK Panduan Perjalanan Saksi Mata: Estonia, Latvia, dan Lituania: Estonia, Latvia, dan Lituania. Penguin. ISBN 9780756684662. 
  3. ^ DK Panduan Perjalanan Saksi Mata: Eropa Timur dan Tengah. Penguin. ISBN 9781465445155.