Katedral Leopoldina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Leopoldina
Katedral Santo Sebastianus
Portugis: Catedral São Sebastião
Katedral Leopoldina
LokasiLeopoldina
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Leopoldina

Katedral Santo Sebastianus[1] (Portugis: Catedral São Sebastião) juga dikenal sebagai Katedral Leopoldina[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Leopoldina, Minas Gerais, Brasil. Katedral ini merupakan kedudukan Keuskupan Leopoldina.[3][4] Didedikasikan untuk Santo Sebastianus.

Katedral terletak di alun-alun Dom Helvecio di distrik katedral, yang menampung paroki dan tiga kapel yang bergantung: Kapel Bunda Maria Yang Dikandung Tanpa Noda, Kapel Bunda Maria dari Gunung Karmel, dan Kapel St. Petrus.

Paroki St. Sebastian didirikan pada 27 April 1854, ketika peninggian distrik St. Sebastian menciptakan kota Leopoldina. Ketika dibentuk, paroki tersebut berada di bawah Keuskupan Rio de Janeiro. Pada tanggal 16 Juli 1897, atas keputusan Paus Leo XIII, keuskupan tersebut dipindahkan ke Keuskupan Mariana.

Pada tanggal 28 Maret 1942, dengan didirikannya Keuskupan Leopoldina, gereja tersebut ditingkatkan statusnya menjadi katedral, namun pembangunannya baru selesai sekitar tahun 1965.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Sebastian
  2. ^ "Paróquia da Catedral de São Sebastião - Leopoldina". Keuskupan de Leopoldina. 10 Juni 2014. Diakses tanggal 2016-12-13. 
  3. ^ Pereira, Mauro de Almeida. Os Almeidas, os Britos dan os Netos em Leopoldina, MG. 
  4. ^ Revista eclesiástica brasileira. Editora Vozes Ltda. 1990-01 -01.