Katedral Leiria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Leiria
Katedral Bunda Maria Tak Bernoda
Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Conceição
Katedral Leiria
LokasiLeiria
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAfonso Alvares
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Leiria–Fátima

Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda [1] (Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Conceição) juga disebut Katedral Leiria adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat kota Leiria,[2] Portugal.[3] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Leiria–Fátima.

Gereja ini dibangun antara tahun 1550 dan 1574, menurut proyek arsitek Afonso Alvares. Katedral ini telah diangkat menjadi keuskupan pada tahun 1545, berkat permintaan Yohanes III kepada Paus Paulus III. Karena gereja Nossa Senhora da Pena dan San Pedro terlalu kecil untuk jumlah penduduk, maka diperlukan pembangunan gereja baru yang sesuai dengan martabat gereja baru. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 1 Agustus 1550, menjadi salah satu bangunan terpenting pada akhir Renaisans di Portugal.

Bangunan itu kemudian diubah secara bertahap, sesuai dengan selera para uskup di keuskupan. Katedral ini sebagian hancur akibat gempa bumi Lisbon tahun 1755, sehingga dilakukan reformasi yang memberikan tampilan kokoh saat ini. Dari konstruksi aslinya, fasad depan, hanya tersisa 3 panel di pintu masuk, dua di antaranya berada di tengah atau lebih tinggi. Bangunan ini juga rusak selama Perang Semenanjung pada tahun 1811, pasukan Perancis membakarnya, menghancurkan sebagian besar dekorasi interiornya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda di Leiria
  2. ^ "Monumentos". Diakses tanggal 2016-09-03. 
  3. ^ Harrison, William Henry (1839-01-01). Turis di Portugal. Robert Jennings.