Katedral Lectoure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lectoure
Katedral Santo Gervasius dan Protasius
Prancis: Cathédrale Saint-Gervais-et-Saint-Protais de Lectoure
Katedral Lectoure
LokasiLectoure
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Auch

Katedral Lectoure (Cathédrale Saint-Gervais-et-Saint-Protais de Lectoure) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Lectoure, Prancis. Ini adalah monumen nasional.[1] Itu adalah bekas pusat kedudukan Keuskupan Lectoure. Katedral ini dibagi berdasarkan Konkordat 1801 antara Keuskupan Agen dan Keuskupan Agung Toulouse.

Membangun sejarah[sunting | sunting sumber]

Bekas katedral mendominasi kota dan menara menara tempat lonceng bergantung tahun 1488 dapat dilihat dari kejauhan saat kota didekati. Perbaikan dan modifikasi katedral dimulai pada abad ke-12. Bagian depan barat tanpa hiasan yang didirikan pada abad ke-15 telah dimodifikasi selama berabad-abad, dan relung di atas pintu telah mencair karena kerapuhan batu kapur.

Bagian tengahnya dibuat berkubah pada akhir abad ke-12, kemudian diperbaiki pada tahun 1480. Kapel berkubah ditambahkan pada awal abad ke-16 dan lebih banyak perubahan terjadi pada abad ke-17 dan ke-18. Paduan suara dan apse juga dibangun kembali pada awal abad ke-16, dan kapel apsidal berbentuk lima persegi telah selesai dibangun. Rawat Jalan dibuat pada tahun 1600 dengan memperkenalkan sepuluh tiang silinder, dan ruang paduan suara yang diukir pada awal abad ke-17 ditempatkan di sini pada abad ke-19. kaca patri biasanya berasal dari abad ke-19 dengan Pohon Isai di Chapelle de la Sainte Famille.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: Cathédrale Saint-Gervais et Saint-Protais, actuellement église paroissiale, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)