Katedral Le Mans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Le Mans
Katedral Santo Yulianus
Prancis: Cathédrale St-Julien du Mans
Katedral Le Mans
LokasiLe Mans
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Le Mans

Katedral Le Mans (Perancis: Cathédrale St-Julien du Mans) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Le Mans, Prancis. Katedral ini didedikasikan kepada Santo Julian dari Le Mans, uskup pertama di kota itu, yang mendirikan Gereja Katolik di daerah sekitar awal abad ke-4. Konstruksinya berasal dari abad ke-6 hingga ke-15, yang mencapai puncaknya pada tahun 1430 dan menampilkan banyak elemen Gotik Prancis.

Katedral, yang menggabungkan paduan suara di panti umat Romanesque dan Gotik Tinggi, terkenal karena banyaknya koleksi kaca patri dan penopang terbang bercabang dua yang spektakuler di bagian timurnya. akhir.

Bangunan sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Tidak ada yang diketahui tentang bentuk gereja asli yang didirikan di sini oleh St Julian, yang didedikasikan bersama (seperti banyak katedral awal) kepada Perawan dan Santo Petrus. Meskipun tidak ada bukti arkeologis untuk tahap pembangunan sebelum tahun 1080, sejarah keuskupan dan katedralnya dirinci secara ekstensif pada abad ke-9 Actus pontificum Cenomannis in urbe degentium.[1] Menurut kronik ini, di paruh pertama Pada abad ke-9, pembangunan kembali besar-besaran katedral asli Julian dilakukan di bawah kepemimpinan Uskup Aldric.

Bangunan baru ini, dirancang untuk menampung relik St Julian, menggabungkan paduan suara besar (ditahbiskan pada tahun 834) dengan sebuah apse dan ruang rawat jalan yang menampung lima altar – mungkin salah satu contoh paling awal dari desain tipe chevet yang kemudian menjadi standar bagi gereja-gereja besar di seluruh Eropa utara. Renovasi lainnya dilakukan sepanjang paruh kedua abad ke-11 (dimulai di bawah kepemimpinan Uskup Vulgrin sekitar tahun 1060, diselesaikan di bawah kepemimpinan Uskup Hildevert dan ditahbiskan pada tahun 1120).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andre Ledru (ed.), Actus pontificum Cenomannis in urbe degentium (Kisah para uskup Le Mans), Archives Historiques du Maine, Le Mans, 1901