Katedral Lamego

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lamego
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Assunção
Katedral Lamego
LokasiLamego
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1129
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lamego

Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Assunção) juga disebut Katedral Lamego[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Lamego, Portugal.[3][4] Katedral ini didirikan pada tahun 1129.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan berfungsi sebagai pusat Keuskupan Lamego (Dioecesis Lamacensis atau Keuskupan de Lamego) yang didirikan sekitar tahun 570.

Katedral ini adalah katedral yang dibangun dalam gaya Gotik, yang mempertahankan alun-alun asli menara lonceng, tetapi arsitektur lainnya mencerminkan perubahan yang dilakukan pada abad keenam belas dan kedelapan belas, termasuk biara Renaisans dengan selusin lengkungan dan proporsional.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga di Lamego
  2. ^ "Sé Catedral de Lamego". www.visitportugal.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-16. Diakses tanggal 2016-09-03. 
  3. ^ Panduan, Rough. Panduan Kasar ke Portugal. Penguin. ISBN 9781409352839. 
  4. ^ Porto dan Cuplikan Panduan Kasar Rio Douro Portugal (termasuk Vila do Conde, Penafiel, Amarante, Peso da Régua, Lamego , Pinhão, Vila Nova de Foz Côa dan Barca d'Alva). ISBN 9781409352969.