Katedral Lama Patna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Patna
Gereja Kunjungan Bunda Maria
Padri Ki Haveli
LokasiPatna
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Patna

Katedral Lama Patna yang bernama resmi Gereja Kunjungan Bunda Maria atau populernya disebut Padri-Ki-Haveli ("Rumah Padre") adalah sebuah gereja paroki Katolik dan bekas katedral yang terletak di Bihar, Patna, India. Gereja ini ialah gereja tertua di Bihar. Ketika umat Katolik Roma tiba di Bihar, mereka membangun sebuah gereja kecil pada tahun 1713 di tempat yang sekarang dikenal sebagai Padri-ki-Haveli.[1]

Gereja saat ini dirancang ulang oleh seorang arsitek Venesia Tirreto pada tahun 1772. Dia datang dari Kolkata untuk merancang gereja tersebut. Batu pondasi gereja ini mempunyai dimensi panjang 70 kaki, lebar 40 kaki, dan tinggi 50 kaki.[2]

Nawab Mir Qasim menghancurkan gereja karena pertengkaran dengan Pedagang Inggris pada tanggal 25 Juni 1763. Akibatnya, catatan-catatan kuno dihancurkan dan dibakar . Pada tahun 1857, selama Pemberontakan Besar India, gereja kembali mengalami kerusakan parah.

Saat ini, monumen tersebut berdiri sebagai keajaiban arsitektur dengan detail rumit yang terdapat di beberapa gereja di India.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kekristenan di Bihar Diarsipkan 8 Agustus 2008 di Wayback Machine.. Bihareebabu.com. Diakses tanggal 6 September 2012.
  2. ^ .nic.in/html/padrikihaveli.htm PADRI KI HAVELI. patna.bih.nic.in