Katedral La Rochelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral La Rochelle
Katedral Santo Louis
Prancis: Cathédrale Saint-Louis de La Rochelle
Katedral La Rochelle
LokasiLa Rochelle
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan La Rochelle dan Saintes

Katedral La Rochelle (Prancis: Cathédrale Saint-Louis de la Rochelle) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di kota La Rochelle , Prancis. Katedral telah menjadi monumen nasional sejak tahun 1906.[1]

Katedral sekarang[sunting | sunting sumber]

Keuskupan La Rochelle (Keuskupan La Rochelle dan Saintes dari tahun 1852) didirikan pada tahun 1648 tetapi peletakan batu pertama katedral baru baru dilakukan pada tahun 1742, pada saat itu arsitek yang menyusun rencana tersebut, Jacques Gabriel, telah meninggal; pekerjaan itu diawasi, dari jarak jauh, oleh putranya Ange-Jacques Gabriel. Meski masih belum lengkap, bangunan ini tetap ditahbiskan pada tahun 1784. Strukturnya masih berupa bangunan Neo-Klasik yang agak polos. Di kubahnya terdapat lukisan karya William Bouguereau, penduduk asli kota.

St. Barthélemy[sunting | sunting sumber]

Terlampir pada chevet katedral saat ini adalah Gotik menara lonceng abad pertengahan akhir dari Gereja St. Barthélémy (Santo Bartolomeus), yang pertama kali dibangun pada tahun 1152 oleh para biarawan dari Ile d'Aix, sisanya dihancurkan oleh Huguenot pada tahun 1568. Menara ini, di salah satu titik tertinggi La Rochelle, digunakan sebagai menara senjata melawan tentara pengepungan Louis XIII pada tahun 1627.

Umat ​​paroki yang mengungsi pada tahun 1628 dapat mengambil alih kuil agung sebagai gereja mereka, bekas gereja Protestan yang berdekatan dengan situs St. Barthélémy abad pertengahan, hanya untuk menemukan pada tahun 1648, tentang pendirian Keuskupan La Rochelle, bahwa cabang baru ingin menggunakannya sebagai katedral. Oleh karena itu, umat paroki membangun gereja baru St. Barthélémy di dekatnya, yang selesai dibangun pada tahun 1678. Namun gereja yang lebih tua terbakar pada tahun 1687 dan cabang tersebut dipindahkan ke gereja baru, yang mana mereka dan paroki wajib berbagi sampai konsekrasi gereja. katedral baru pada tahun 1784. Gereja tersebut hancur seluruhnya selama Revolusi Perancis dan situs tersebut dibangun kembali dengan rumah-rumah, yang kemudian dihancurkan pada abad ke-19 ketika katedral tersebut dapat diselesaikan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: IA17000127, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis) Cathédrale Saint-Louis