Katedral Kuala Lumpur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kuala Lumpur
Katedral Santo Yohanes Penginjil
Melayu: Katedral St John Penginjil
Hanzi: 圣若望主教座堂
Katedral Kuala Lumpur terlihat menghadap ke timur laut, Menara Kuala Lumpur terlihat di latar belakang
Lokasi5 Jalan Bukit Nanas
Kuala Lumpur
NegaraMalaysia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaSpanyol-Yunani[1]
Selesai1883 (bangunan asli)[1]
1955 (renovasi)[2]
Spesifikasi
Jumlah menara2
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Kuala Lumpur
ProvinsiKuala Lumpur
Klerus
Uskup AgungMgr. Julian Leow Beng Kim
Jumlah ImamPastor Gerard Theraviam
Imam rekanPastor Robert Kham

Katedral Kuala Lumpur yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes Penginjil (Melayu: Katedral St John Penginjil) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Katedral ini menjadi gereja induk bagi Keuskupan Agung Kuala Lumpur dan tempat kedudukan atau takhta Uskup Agung, Julian Leow Beng Kim. Gereja pertama di lokasi terdekat didirikan pada tahun 1883, dan terdiri dari aula kayu panjang dengan beberapa jendela yang dibangun di kawasan hutan Bukit Nanas,[3] dan didedikasikan untuk Santo Yohanes Penginjil. katedral ini kemudian dibangun kembali dengan dinding bata dan beratap genteng, dan hari ini digunakan sebagai "Pusat Pelayanan Masyarakat". Bangunan saat ini dibangun pada tahun 1954 dan selesai pada tahun 1955 dan ditahbiskan pada tahun 1962, ketika itu juga dinaikkan statusnya menjadi katedral.[3] Bangunan ini terkenal dengan eksterior bercat putih dan menara kembar di barat depan. Itu juga termasuk jendela kaca patri dari Paris, yang menggambarkan pemandangan dari Injil.

Paroki ini telah berkembang jauh sejak awal, dari menjadi paroki ekspatriat dan Eurasia, dan sekarang menjadi paroki 'kosmopolitan' yang berkembang pesat. Terletak di jantung Kuala Lumpur, katedral ini juga menarik banyak pengunjung dan diplomat asing, selain umat paroki biasa, ke Misa hari Minggunya.[3]

Katedral Santo Yohanes terletak di sebelah St. John's Institution, yang terkenal dengan arsitektur Yunani-Spanyolnya. Sekolah ini mendapatkan namanya dari St John Baptist De La Salle dan didirikan oleh Lasallian Bruder.

Karena lokasinya yang menanjak Bukit Nanas, Katedral juga menjadi dekat dengan Biara Bukit Nanas, Hutan Lindung Bukit Nanas dan Menara Kuala Lumpur.

Plafon runtuh 2023[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Februari 2023, sekitar pukul 14.30, sebagian langit-langit runtuh di salah satu sisi katedral.

Setelah diperiksa, area yang terkena adalah korban serangan rayap. Karena runtuh, ada beberapa kerusakan pada area altar dan beberapa bangku.

Pastor Paroki, Pastor Gerard Theraviam mengumumkan bahwa misa akan ditangguhkan di katedral dan akan dipindahkan ke Biara Bukit Nanas sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Bangunan katedral ditutup untuk umum sampai pekerjaan selesai.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Katedral Kuala Lumpur dapat diakses dari stasiun LRT Masjid Jamek dan stasiun Monorel Bukit Nanas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Shuib Taib (25 December 2014). "Places of Grace". New Straits Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2022. Diakses tanggal 8 June 2023. 
  2. ^ Yeang, Ken (1992). The Architecture of Malaysia. Pepin Press. hlm. 230. 
  3. ^ a b c "History". St. John's Cathedral. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2015. Diakses tanggal 21 April 2015.