Katedral Kaunas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Katedral dari Para Rasul Santo Petrus dan Santo Paulus di Kaunas
Kauno Šv. apaštalų Petro ir Povilo arkikatedra bazilika
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
DistrikKota Tua
Ecclesiastical or organizational statusAktif
KepemimpinanKeuskupan Agung Kaunas
Diberkatiawal abad ke-15
Lokasi
LokasiKaunas,
Lituania
Arsitektur
TipeKatedral
Gaya arsitekturGotik Akhir dan Gotik-Bata
Rampung1624
Spesifikasi
Arah fasadBarat
Panjang= 840 m (2.755 ft 11 in)
Lebar= 340 m (1.115 ft 6 in)
Tinggi maksimum280 m (918 ft 8 in)
Bahan bangunanbata tanah liat
Situs web
www.kaunoarkikatedra.lt

Basilika Katedral dari Para Rasul Santo Petrus dan Santo Paulus di Kaunas (bahasa Lituania: Kauno Šv. apaštalų Petro ir Povilo katedra bazilika) adalah sebuah gereja katedral basilika Katolik di Kaunas, Lituania. Katedral ini menjadi tempat kedudukan atau takhta bagi Uskup Agung Kaunas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal pasti kapan gereja Gaya Gotik pertama yang didedikasikan untuk rasul Santo Petrus dan Santo Paulus, dibangun tidak diketahui, tetapi pertama kali disebutkan dalam sumber tertulis pada tahun 1413. Ssekolah paroki pertama di Kaunas di gereja St. Peter dan St. Paul disebutkan berdiri pada tahun 1473.[1] Pekerjaan konstruksi diselesaikan hanya pada 1624.

Gereja sangat menderita akibat kampanye militer tahun 1655 dan dibangun kembali pada tahun 1671, memperoleh beberapa fitur Renaisans. Hanya satu menara yang dibangun kembali setelah kebakaran atap pada tahun 1732. Sebagai bagian dari renovasi, dekorasi internal didanai oleh Raja Stanisław August Poniatowski pada tahun 1771. Altar utama, podium, dan paduan suara dibangun dipasang oleh Tomasz Podhajski pada tahun 1775.

Bentuk bangunan saat ini adalah hasil dari renovasi lebih lanjut pada tahun 1800. Status gereja ditingkatkan menjadi katedral oleh Paus Leo XIII pada tahun 1895. Gereja ini menerima gelar basilika pada tahun 1926, ketika Keuskupan Samogitia direorganisasi menjadi Keuskupan Agung Metropolitan Kaunas oleh Paus Pius XI. Bangunan ini dimasukkan ke dalam Daftar Situs Warisan Budaya Tidak Bergerak Republik Lituania pada tahun 1996.[2] Paus Fransiskus mengunjungi katedral pada tanggal 23 September 2018.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral, dengan panjang 84 m, tinggi 28 m, dan lebar 34 m, adalah gereja Gotik terbesar di Lituania. Kapel Sakramen Maha Kudus, dibangun pada tahun 1895, merupakan perpanjangan independen dari nave selatan dengan perabotan kayu berukir dalam gaya neo-gotik.

Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://datos.kvb.lt/en/index .php?option=com_laikotarpiai&task=view&id=18&Itemid=64 Kaunas: Tanggal dan Fakta. Kaunas dari Asal Usulnya Hingga Kejatuhan Grand Duchy of Lithuania
  2. ^ [1] Pendaftaran Situs Warisan Budaya Tak Tergoyahkan: Kode objek unik: 842. Diakses tanggal 14 Maret 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]