Katedral Katolik Bizantium Karaganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Bizantium Karaganda
Katedral Perlindungan Kudus Bunda Allah
bahasa Rusia: Собор Покрова Пресвятой Богородицы
Katedral Katolik Bizantium Karaganda
LokasiKaraganda
NegaraKazakhstan
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Ukraina)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanAdministrasi Apostolik Kazakhstan dan Asia Tengah

Katedral Perlindungan Kudus Bunda Allah (Ukraina: Собор Покрова Пресвятої Богородиці; bahasa Kazakh: Қасиетті Богородицы шапағатының ғибадатханасы) adalah sebuah gereja katedral Katolik ritus Bizantium di kota Karaganda, Republik Kazakhstan, ditahbiskan pada tahun 2005.

Selain Katedral Perlindungan Kudus Bunda Allah, terdapat juga kapel yang didedikasikan untuk mengenang Aleksey Zaritsky, seorang pastor Ukraina yang meninggal pada tahun 1963 di Stalin dekat Karaganda[1] dan diberi peringkat berdasarkan Paus Yohanes Paulus II sebagai Beato.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Gereja Katolik Yunani Ukraina di Kazakhstan dimulai pada masa penindasan, ketika ribuan warga Ukraina dari Ukraina Barat dideportasi ke tanah Kazakstan. Banyak dari mereka, yang telah lama bertugas di kamp Stalinis di Siberia, KarLAG dan StepLAG, tidak memiliki kesempatan untuk kembali ke Ukraina dan mendatangi kerabat mereka, yang juga akhirnya berakhir. di Kazakhstan dalam pemukiman paksa[1][3][4][5].

Pada akhir tahun 1950-an, para pastor Katolik Yunani, yang dibebaskan dari penjara, melakukan kegiatan pastoral bawah tanah di Kazakhstan di kalangan umat Katolik ritus Latin dan Bizantium. Akibat penindasan massal, puluhan ribu orang Ukraina, Jerman, Polandia, dan Lituania berada di Kazakhstan. Perlu diperhatikan di antara mereka tokoh-tokoh agama Ukraina yang penting pada masa itu seperti Hieromartir yang diberkati Aleksey Zaritsky, Uskup Oleksandr Khira, pastor Stefan Prishlyak, Maryan Shaban , Zelinsky, Mitska , Solitsky dan banyak lainnya[1][3][5].

Acara keagamaan pertama UGCC di wilayah Kazakhstan diadakan di ruang galian, kemudian di rumah-rumah pribadi. Pada tahun 1980, Uskup Ukraina Oleksandr Khira meresmikan Gereja Katolik Roma yang baru dibangun di Karaganda, tempat para pastor Katolik Yunani mengadakan kebaktian untuk komunitas besar Ukraina[1][3].

Setelah runtuhnya Uni Soviet dan pemulihan UGCC, komunitas Katolik Yunani terdaftar di Karaganda pada tahun 1993[1][3][5].

Pembukaan gereja[sunting | sunting sumber]

Vasily Govera - administrator apostolik pertama bagi umat Katolik ritus Bizantium di Kazakhstan dan Asia Tengah

Pada pertengahan tahun 1990-an, sebuah badan amal Jerman menyumbangkan sebuah gereja kayu prefabrikasi kecil kepada komunitas Ukraina, karena fakta bahwa ruang gereja kecil tidak memenuhi kebutuhan banyak umat Katolik Yunani di Karaganda, diputuskan untuk mulai membangun gereja baru[1][3].

Tanggal 23 September 2001 di Astana, selama kunjungan bersejarah Paus Yohanes Paulus II ke Kazakhstan, sebuah batu ditahbiskan untuk pembangunan gereja[1][3]. Pada tanggal 9 Agustus 2002, ketua Patriark UGCC Lyubomir Huzar menguduskan tempat untuk pembangunan gereja. Pada musim gugur tahun yang sama, fondasinya diletakkan, dan pada tahun 2003 temboknya didirikan[1][3].

Pada tanggal 18 September 2005, upacara pentahbisan Katedral Syafaat Theotokos Katolik Yunani Ukraina berlangsung. Yang paling diperhatikan adalah kehadiran perwakilan Paus Kardinal Ignatius Mussa I Daud, perwakilan resmi Patriark Lyubomir (Huzar), vikaris uskup dari keuskupan Ternopil-Zborovskaya, Uskup Vasily (Semenyuk), Nuncio Apostolik di Kazakhstan dan Asia Tengah, Uskup Agung Joseph Vesolovsky, hierarki Gereja Katolik Roma di Kazakhstan: Tomas Peta, Jan Pavel Leng, Henry Chovanets; serta pastor Katolik Yunani dan Latin[1][6].

Upacara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan pihak berwenang: khususnya, akim dari Wilayah Karaganda, delegasi kedutaan Ukraina di Kazakhstan, dan para pemimpin masyarakat nasional setempat juga hadir. Ritus konsekrasi dan liturgi dipimpin oleh Uskup Vasily (Semenyuk). Kardinal Ignatius Moussa I mendaraskan doa konsekrasi dalam Arab dan menyampaikan khotbah pada liturgi. Setelah kebaktian, para petinggi menyambut Delegasi Apostolik untuk umat Katolik Yunani di Kazakhstan dan Asia Tengah, Pastor Agung Vasily Govera, Kardinal Ignatius Moussa I menganugerahinya Mitra[6].

Selain Katedral Syafaat Theotokos Mahakudus, Karaganda juga memiliki kapel yang didedikasikan untuk Aleksey Zaritsky, seorang pastor Katolik Yunani yang dibeatifikasi oleh Yohanes Paulus II. Melalui upaya UGCC dan sejumlah organisasi kebudayaan nasional Ukraina, acara peringatan tahunan[1] diadakan di Kazakhstan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan Lanjutan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j Elena Veremeenko. "Sejarah Gereja Katolik Yunani Ukraina di Kazakhstan ·". Portal Sejarah Kazakhstan (dalam bahasa Rusia). e-history.kz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-16. Diakses tanggal 2019-12-16. 
  2. ^ BBC Layanan Rusia (2001-06-28). "Ayah meninggalkan Ukraina". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-10. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  3. ^ a b c d e f g "Gereja Katolik Yunani Ukraina / Berita / Pembangunan gereja UGCC di Karaganda berlanjut". old.ugcc.org.ua. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-14. 
  4. ^ "Sejarah Gereja Katolik Yunani di Kazakhstan". astanachurch.com. Diakses tanggal 2019-12 -16. 
  5. ^ a b c "UGCC di Kazakhstan" (PDF). Jurnal Ilmiah " Spektr" Kazakhstan. 
  6. ^ a b "Kuil UGCC ditahbiskan di Karaganda". Katolik.ru. Diakses tanggal 2019-12-16.