Katedral Kalocsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Kalocsa
Katedral Metropolitan Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga
bahasa Hongaria: Nagyboldogasszony Főszékesegyház
Katedral Kalocsa
LokasiKalocsa
NegaraHungaria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Kalocsa-Kecskemét

Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga [1] (bahasa Hongaria: Nagyboldogasszony Főszékesegyház) disebut juga Katedral Kalocsa[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Kalocsa,[3] di Hungaria.[4] Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Kalocsa-Kecskemét.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1050 gereja pertama dibangun; katedral ini dihancurkan beberapa kali selama berabad-abad. Katedral saat ini dibangun di atas sisa-sisa gereja sebelumnya, dan dibangun antara tahun 1728 dan 1774 dalam gaya Barok. Sebagian besar dokumen hilang pada abad kedelapan belas, dan nama arsiteknya tidak diketahui secara pasti. Katedral ini mungkin dirancang oleh Andreas Fischer Emanuel Mayerhoffera atau Josef von Erlach, meskipun mungkin dirancang oleh orang lain. Bagian dari gereja barok terbakar pada akhir abad kedelapan belas. Plesteran di langit-langit dibuat oleh master Italia, sedangkan altar Assumption adalah karya Leopold Kupelwieser, penduduk asli Wina. Gambar di depan altar utama melambangkan raja Stephen I dan Ladislas I.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Metropolitan Asumsi Perawan Maria Diangkat ke Surga di Kalocsa
  2. ^ Fallon, Steve; Bedford, Neal. Hongaria. Lonely Planet. ISBN 9781740591522. 
  3. ^ Planet, Lonely; Fallon, Steve; Kaminski, Anna; Sieg, Caroline (2013-06-01). Lonely Planet Hungary (dalam bahasa Inggris). Lonely Planet. ISBN 9781743216545. 
  4. ^ Bedford, Neal; Fallon, Steve; Dunford, Lisa (2009-01-01). HungaryPerlu mendaftar (gratis) (dalam bahasa Inggris). Lonely Planet. ISBN 9781741046946.