Katedral Jeondong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Jeondong
전동성당
LokasiJeonju
NegaraKorea Selatan
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Jeonju

Katedral Jeondong[1] ( bahasa Korea: 전동성당) juga dikenal sebagai Katedral Lama Jeondong dan sekarang sebagai Gereja Fransiskus Xaverius Jeondong adalah sebuah gereja katedral Gereja Katolik Roma bersejarah yang terletak di Jeonju,[2] Korea Selatan.[3][4]

Bangunan katedral bergaya Romawi-Bizantium ini dibangun antara tahun 1908 dan 1914 oleh Victor Louis Poisnel (1855-1925). Katedral Jeondong berada di wilayah dan di bawah pengawasan François-Xavier Baudounet (1859-1915), seorang pastor Perancis, lahir di Mostuéjouls di Aveyron, di tempat yang sama di mana banyak orang Katolik menjadi martir. Gereja yang terletak di pusat kota, dekat Desa tradisional Jeonju Hanok ini merupakan situs bersejarah (KB) #288.

Saat ini merupakan gereja paroki, katedral ini milik Keuskupan Jeonju (Dioecesis Ieoniuensis atau 전주 교구).

Taman Kanak-Kanak Hati Kudus adalah fasilitas yang melekat pada katedral, sedangkan Sekolah Menengah Putri Hati Kudus Jeonju (Wheein dan bekas sekolah Hwasa) dan Sekolah Menengah Putri Hati Kudus Jeonju ada di dekatnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gereja Hati Kudus Yesus Jeondong (Bekas Katedral Jeondong)
  2. ^ "Katedral Jeondong, Jeonju, Korea". www.art-and -archaeology.com. Diakses tanggal 2016-05-06. 
  3. ^ "Katedral Katolik Jeondong (전주 전동성당) | Organisasi Pariwisata Resmi Korea". english.visitkorea.or.kr. 
  4. ^ Planet, Kesepian; Richmond, Simon; Balasingamchow, Yu-Mei; Soriano, Cesar G.; Mengapa, Rob. Lonely Planet Korea. ISBN 9781742203560.