Katedral Haifa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Haifa
Katedral Santo Elia
كاتدرائية مار إلياس
Katedral Haifa
LokasiHaifa
Negara Israel
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Melkit)
Arsitektur
ArsitekSammihom Atallah
Administrasi
Keuskupan AgungEparki Agung Akka

Katedral Santo Elia[1][2] (Arab: كاتدرائية مار إلياس, Ibrani: קתדרלת אליהו הנביא), disebut juga Katedral Yunani Melkit Santo Elia,[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik Melkit yang terletak di Haifa, melayani umat Katolik-Yunani dari Ritus Bizantium yang merupakan mayoritas umat Kristen di Haifa dan Israel. Katedral Santo Elia merupakan katedral dari Eparki Agung Akka (Archieparchia Ptolemaidensis Melchitarum), yang didirikan melalui bulla kepausan Episcopalis synodus dari Paus Paulus VI.

Katedral ini dirancang oleh arsitek Sammihom Atallah. Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1938 dan berakhir pada tahun 1939. Sejak tahun 1861, katedral Keuskupan Agung Akka menjadi gereja Perawan Maria di Haifa. Setelah perang Arab-Israel (antara 1947-1949), sebagian besar warga Melkit yang tinggal di daerah tersebut pindah ke kota bawah Haifa, dan takhta uskup dipindahkan ke gereja St. Elijah (St. Elia).

Bagian depan katedral dimahkotai dengan salib, yang berjarak beberapa meter dari menara lonceng kecil. Di portal tersebut terdapat kisah alkitabiah tentang nabi Elia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Elijah Yunani-Melkite, Haifa, Israel
  2. ^ "Gereja Katolik Tanah Suci » Paroki Eparki Agung Katolik Melkite Yunani Akko". catholicchurch-holyland.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-23. Diakses tanggal 2016-05 -19. 
  3. ^ Daniels, Adrienne E. Hacker. Komunikasi dan Lanskap Iman Global. ISBN 9781498515825.