Katedral Győr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Győr
Gereja Katedral Basilika Bunda Maria Diangkat ke Surga
bahasa Hongaria: Mennyekbe Fölvett Boldogságos Szűz Mária székesegyház
Katedral Győr
LokasiGyőr
NegaraHungaria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Győr

Katedral Basilika Maria Diangkat ke Surga[1] (juga disebut Katedral Győr;[2] bahasa Hongaria: Mennyekbe Fölvett Boldogságos Szűz Mária székesegyház) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Győr,[3] Hungaria.[4] Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Győr.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Romawi awal abad ke-11 dihancurkan oleh bangsa Mongol dan dibangun kembali dari abad ketiga belas hingga kelima belas. Setelah pengusiran Turki, interiornya didesain ulang antara tahun 1635 dan 1650 oleh master Italia Giovanni Battista Rava pada awal gaya Barok. Menara ini baru selesai dibangun pada tahun 1680. Pembangunan gereja berlangsung hingga tahun 1770-an. Pemugaran terakhir dilakukan antara tahun 1968 dan 1972. Pada tahun 1997, katedral memperoleh status basilika minor, yang diberikan oleh Paus Yohanes Paulus II.

Mimbar[sunting | sunting sumber]

Mimbar katedral ini berasal dari periode yang sama dengan interior ketika fitur Barok terpenting ditambahkan di bawah kepemimpinan Uskup Count Ferenc Zichy pada tahun 1770-an. Arsitek dan pematungnya masih belum diketahui tetapi dikaitkan dengan Melchior Hefele. Struktur klasik Barok akhir dibangun di pilar pertama nave di sisi kiri. Terbuat dari marmer merah dengan tangga samping marmer yang ditopang tiang; penyangga utama membentuk kolom Doric dengan poros bergalur.

Mimbarnya sendiri berbentuk seperti cangkang dengan tembok pembatas kokoh yang diartikulasikan dengan panel dan pilaster serta dihiasi ukiran kayu emas berbentuk mawar, karangan bunga daun salam, dan daun acanthus. Pagar besi tempa ini dibuat pada tahun 1783 oleh seorang pengrajin yang mengukir tanggal dan inisial namanya (J.K.) pada tiang pintu. Pagar dan pintunya dihiasi dengan indah dengan mawar, karangan bunga, dedaunan, dan busur. abat-voix dicat kayu dengan marbleizing kuning tua, dihiasi dengan mawar, tanda kurung dan daun. Di bagian bawah ada seekor merpati keperakan yang dikelilingi garis berliku-liku; di atasnya terdapat patung perempuan alegoris yang melambangkan Gereja sedang memegang piala dan model gereja. Bagian dasar patung yang berbentuk kanopi dihiasi dengan karangan bunga dan dikelilingi oleh empat putti yang memegang Tablet Batu dan salib, diapit oleh guci berbunga. Patung-patung abat-voix dibuat dengan gaya Barok yang lebih tradisional dibandingkan bagian mimbar lainnya, yang menunjukkan semakin besarnya pengaruh Neoklasikisme.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Interior

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mennyekbe Fölvett Boldogságos Szűz Mária székesegyház". GCatholic. Diakses tanggal 2022-09-27. 
  2. ^ Hurihane, Kolom (2012-12-06). The Grove Ensiklopedia Seni dan Arsitektur Abad Pertengahan. OUP USA. ISBN 9780195395365. 
  3. ^ Benton, Rita. RISM. Bärenreiter. 
  4. ^ DK. DK Panduan Perjalanan Saksi Mata: Hongaria. Penguin. ISBN 9781465445179. 
  5. ^ Bedy Vince: A győri székesegyház története, Győr , 1936, hlm. 27 dan 132

Koordinat: 47°41′20″N 17°37′53″E / 47.6890°N 17.6313°E / 47.6890; 17.6313