Katedral Guadix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Guadix
Katedral Inkarnasi
Spanyol: Catedral de la Encarnación de Guadix
Katedral Guadix
37°18′04″N 3°08′11″W / 37.3012°N 3.1363°W / 37.3012; -3.1363Koordinat: 37°18′04″N 3°08′11″W / 37.3012°N 3.1363°W / 37.3012; -3.1363
LokasiGuadix
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekDiego de Siloé, Francisco Roldán, Francisco Antero, Blas Antonio Delgado, Vicente Acero, Gaspar Cayón de la Vega, Fernández Pachote and Domingo Thomas
Tipe arsitekturgereja
GayaBaroque
Peletakan batu pertamaAbad ke-16
SelesaiAbad ke-18
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Guadix

Katedral Guadix atau yang bernama resmi Katedral Inkarnasi (Spanyol: Catedral de la Encarnación de Guadix) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Guadix, provinsi Granada, Spanyol. Pembangunan gedung ini dimulai pada abad ke-16 dan selesai pada pertengahan abad ke-18. Gereja ini bergaya Barok.

Lokasi dan konteks sejarah[sunting | sunting sumber]

Guadix diyakini sebagai salah satu keuskupan keuskupan tertua di Spanyol; menurut tradisi, keuskupan tersebut didirikan oleh Santo Torquatus dari Acci pada abad pertama M. Katedral ini terletak di lokasi gereja Hispano-Visigoth yang masih ada pada abad ke-10, dan berfungsi selama periode Islam sebagai masjid.

Selama Reconquista, Guadix direbut oleh pasukan Kristen pada tahun 1489, dan gereja Hispano-Visigoth didirikan kembali sebagai pusat keuskupan. Gereja itu diberi nama Gereja Santa Maria Inkarnasi (Iglesia de Santa María de la Encarnación), dijadikan katedral oleh bulla dari Paus Innosensius VIII , dan diperluas di bawah arahan Pedro de Morales.

Rencana dibuat untuk mengganti gereja lama dengan katedral Gotik sebagai simbol Reconquista, tetapi pada saat pembangunan dimulai, gaya tersebut sudah dianggap kuno. Kardinal Ávalos dan yang lainnya menginginkan katedral yang lebih sesuai dengan gaya zaman. Diego de Siloé ditugaskan pada tahun 1549 untuk mengembangkan desain yang mencerminkan pengaruh katedral Málaga dan Granada. Apse, bagian dari penyeberangan, kapel Don Tadeo dan bagian dari sakristi diselesaikan sesuai dengan rencana Siloé.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Katedral Guadix dilihat dari udara

Selain Siloé, Francisco Roldán, Francisco Antero, dan lainnya terlibat dalam perancangan katedral baru. Siloé merencanakan kapel utama dengan gaya Renaissance, dengan garis lurus dan lengkung bergantian, dengan dekorasi berlimpah dalam gaya klasik dan entablature yang sangat berkembang. Freyla bersaudara, Pedro dan Miguel, bekerja bertahun-tahun di sebuah menara yang dimaksudkan sebagai lambang identitas kota.

Pada tahun 1574, pekerjaan dihentikan karena kekurangan uang, dan tidak dilanjutkan sampai tahun 1594, ketika Uskup Juan de Fonseca y Guzmán melanjutkan proyek tersebut.

Pekerjaan tersebut mendapat dorongan baru pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18 dengan bantuan ekonomi dari raja. Blas Antonio Delgado ditugaskan untuk bertanggung jawab atas rencana baru, dengan perubahan desain yang lebih menekankan garis horizontal. Delgado menyusun desain umum katedral, elevasi, pintu dan kubah, tetapi pada tahun 1714 harus pindah ke Jaén. Vicente Acero mengambil alih, mengerjakan ulang rencananya secara ekstensif, sebelum juga harus melanjutkan. Pemerintah kota mendekati Francisco de Hurtado Izquierdo; daripada mengambil proyek itu sendiri, dia merekomendasikan Gaspar Cayón de la Vega. Jejak kuat Cayón de la Vega dapat dilihat pada tahap akhir konstruksi bangunan, pada kubah, kubah, dan pada portada de las Azucenas—bagian depan bangunan, dengan menggunakan motif. bunga lili—yang telah dimulai oleh Acero.

Ketika Cayón de la Vega berangkat ke Cádiz pada tahun 1731, fasad sedang dibangun sesuai dengan rencananya, tetapi orang lain seperti Vicente Acero, Pachote, dan Thomas menambahkan bagian yang tidak ada dalam rencana Cayón.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Fasad katedral

Kapel Don Tadeo menunjukkan pengaruh struktural Italia yang kuat dalam solusinya terhadap masalah lengkungan kubah dalam struktur silinder. Elemen penting lainnya adalah bagian depan sakristi, dengan pedimen Renaissance, entablaturnya, dan lengkungan di antara kolom Korintus dengan lambang para uskup kota.

Fasadnya adalah contoh bagus dari arsitektur Barok, dengan dua benda padat dan sebuah puncak, dengan garis cekung dan cembung bergantian; bentang tengah yang besar, diapit oleh dua ambang pintu yang terdiri dari kelompok kolom dengan dasar yang luas. Bagian atas diwujudkan oleh Fernández Pachote dan Domingo Thomas; Antonio Valeriano Moyano memahat Inkarnasi marmer.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]