Katedral Georgetown

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Georgetown
Gereja Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda
Katedral Brickdam
Inggris: Immaculate Conception Cathedral, Georgetown
Katedral Georgetown
LokasiGeorgetown
NegaraGuyana
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiDikandung Tanpa Noda
Tanggal konsekrasi1921
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekLeonard Stokes
GayaRomanesque
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Georgetown

Katedral Georgetown atau populer disebut sebagai Katedral Brickdam, yang lebih dikenal dengan sebutan Katedral Dikandung Tanpa Noda (Inggris: Immaculate Conception Cathedral, Georgetown), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Georgetown, ibu kota negara Guyana. Katedral ini merupakan gereja Katolik terkemuka di Guyana. Dibangun pada tahun 1920-an, dibangun dengan gaya arsitektur Romanesque yang dirancang oleh Leonard Stokes, dan memiliki panjang 200 kaki dan lebar 1.000 kaki. Langit-langit tengahnya setinggi 60 kaki 6 inci, dan kubahnya mencapai 74 kaki 10 inci.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Georgetown.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1819 Komite Katolik (Tuan Fitzgerald, De Ridder, Manget, Milne dan Franckland) mengajukan permintaan pembangunan gereja di Brickdam di sebagian lapangan parade lama.

Gubernur Sir Benjamin D'Urban meletakkan batu pertama gereja pertama pada tanggal 12 Desember 1825. Awalnya bernama Gereja Kristus, kemudian diubah namanya sekitar tahun 1847 menjadi Gereja Kebangkitan. Kecil dan didesain sederhana, gereja ini digantikan oleh Lady Chapel, yang dibangun di sisi selatan Camp dan Hadfield Streets. Kapel ini segera dibongkar dan didirikan kembali di Victoria, dan berdiri hingga tahun 1921.

Batu fondasi untuk Kapel Santa Maria dibangun di hadapan Gubernur Sir Francis Hincks pada tanggal 21 April 1868. Bangunan utama dirancang oleh Cesar Castellani dan menara dirancang oleh Romo Ignatius Scoles. Katedral ini (termasuk tempat suci) memiliki panjang 120 kaki dan lebar 75 kaki. Dibangun dari greenheart dan crabwood, katedral ini dijelaskan oleh Fr. Scoles "sebagai bagian dari desain Gotik yang bagus seperti yang diharapkan dapat ditemukan di daerah tropis Barat".

Interior gereja pada 1976

Pada tanggal 7 Maret 1913 katedral dihancurkan oleh api. Pada hari Minggu berikutnya (9 Maret) Walikota Georgetown yang beragama Katolik, Francis Dias, mengadakan pertemuan di mana diputuskan untuk mengumpulkan dana untuk pembangunan katedral baru.

Pada tanggal 15 Agustus 1915 Uskup CT Galton meletakkan batu fondasi katedral yang sekarang. Pembangunannya memakan waktu 10 tahun (1921–1931), menggunakan beton bertulang. Batu granit berasal dari tambang Dalli dan Wolga di Sungai Essequibo, dan pasirnya berasal dari Pulau Leguan.

Katedral yang belum selesai dibuka oleh Uskup Galton pada 13 Maret 1921.

Altar marmer didirikan pada tahun 1930, dan merupakan hadiah dari Paus Pius XI kepada Uskup Galton. Mimbar marmer adalah peringatan untuk keluarga Fogarty. Sebuah tempat suci logam untuk Perawan Maria di atas fasad barat adalah kenang-kenangan dari Katedral Santa Maria. Tempat suci ini menghiasi puncak menara bangunan sebelumnya, dan selamat dari kejatuhannya saat kebakaran tahun 1913.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 6°48′27″N 58°09′43″W / 6.807456°N 58.16204°W / 6.807456; -58.16204