Katedral Gbarnga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Gbarnga
Katedral Roh Kudus
bahasa Inggris: Cathedral of the Holy Spirit
LokasiGbarnga
NegaraLiberia
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Gbarnga

Katedral Roh Kudus[1] atau sederhananya Katedral Gbarnga,[2] (bahasa Inggris: Cathedral of the Holy Spirit) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Gbarnga[3] kota terbesar kedua di negara Liberia di Afrika,[4][5] di Kabupaten Bong, timur laut kota Monrovia.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Gbarnga (Dioecesis Gbarnganus) yang dibentuk pada bulan November 1986 berdasarkan keputusan Paus Yohanes Paulus II melalui bula De Monroviensi. Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Anthony Fallah Borwah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Roh Kudus , Gbarnga, Liberia". gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-04-27. 
  2. ^ Hecking, Hans-Peter (2005-01 -01). Hak Asasi Manusia di Liberia: Impian Kebebasan: Upaya Gereja Katolik untuk Keadilan dan Perdamaian. Missio. 
  3. ^ Dan, Bob Dan (2011-06-13). "Malaikat di Afrika: Datanglah Roh Kudus". Malaikat di Afrika. Diakses tanggal 2016- 04-27. 
  4. ^ "Harapan Hidup—Mimpi Menjadi Kenyataan Masyarakat Misi Afrika Provinsi Amerika" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-05-13. 
  5. ^ « Membebaskan Evangelisasi Baru Sebuah artikel oleh Ralph Martin». Pembaruan.