Katedral Görlitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Görlitz
Gereja Katedral Santo Yakobus
Jerman: Görlitz Dom
Katedral Görlitz
Katedral Görlitz di Jerman
Katedral Görlitz
Katedral Görlitz
51°08′42″N 14°58′46″E / 51.1449°N 14.9795°E / 51.1449; 14.9795Koordinat: 51°08′42″N 14°58′46″E / 51.1449°N 14.9795°E / 51.1449; 14.9795
LokasiGörlitz
NegaraJerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1898
Tanggal konsekrasi6 Oktober 1900
Arsitektur
StatusKatedral, Paroki
Status fungsionalAktif
GayaNeo-Gothic
Spesifikasi
Lonceng4
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Görlitz
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Wolfgang Ipolt

Katedral Görlitz atau resminya bernama Katedral Santo Yakobus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Görlitz, Jerman. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Görlitz, yang didedikasikan untuk St . Yakobus. Dibangun dengan gaya neo-Gotik dan ditahbiskan pada tahun 1900 sebagai gereja paroki. Keuskupan ini menjadi katedral pada tahun 1994, karena reorganisasi keuskupan Jerman Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun pada tahun 1898 hingga 1900 dan ditahbiskan pada tanggal 6 Oktober 1900. Görlitz saat itu menjadi bagian dari Keuskupan Katolik Roma Breslau (diangkat menjadi Metropolia pada tahun 1930 dan berganti nama menjadi Wrocław pada tahun 1972) . Semula direncanakan menjadi gereja kedua di paroki Hl. Kreuz (Salib Suci). Uskup Adolf Bertram menjadikannya gereja paroki baru Santo Yakobus pada tahun 1918.

Pada bulan Maret 1947, akibat Perang Dunia II, Görlitz menjabat sebagai kursi pengasingan di Metropolitan Breslau Chapter yang dipimpin oleh Vikar Ferdinand Piontek [de ], yang telah diusir oleh otoritas Polandia dari Wrocław (Breslau) pada tanggal 9 Juli 1946 ke zona pendudukan Inggris, namun pada tahun 1947 berhasil kembali ke bagian barat keuskupan agung yang saat itu berada di zona Pendudukan Soviet di Jerman. Sejak Oktober 1945 Keuskupan Agung Breslau ordinariat menjalankan kantor cabang di Görlitz, yang pertama bertanggung jawab atas wilayah keuskupan agung zona Soviet, yang menjadi kantor pusat (Erzbischöfliches Amt, yaitu Kantor Keuskupan Agung) setelah kapitel dan staf administratif lainnya dikeluarkan dari Wrocław.

Keuskupan Agung Breslau tetap ada de jure, namun de facto ini hanya berlaku untuk wilayah keuskupan agung di Zona Soviet, yang tetap diwakili oleh Piontek pada Konferensi Fulda para Uskup. Meskipun sebagian besar Keuskupan Agung Breslau yang dianeksasi Polandia berada di bawah yurisdiksi Administrator Apostolik yang pertama kali ditunjuk oleh August Hlond (per 1 September 1945), Keuskupan Agung Breslau bagian Cekoslowakia menjadi bagian terpisah Administrasi Apostolik Český Těšín pada tahun 1947. Gereja Santo Yakobus menjadi katedral untuk wilayah keuskupan agung Breslau di Zona Soviet, yang menjadi Republik Demokratik Jerman Timur pada tahun 1949.

Dengan pembubaran Provinsi Gerejawi Jerman Timur Breslau oleh Takhta Suci dan reorganisasi keuskupan agung serta hak pilihnya pada tahun 1972 (lih. Konstitusi Apostolik Vratislaviensis – Berolinensis et aliarum), sebagian besar penduduk Polandia Wilayah Keuskupan Agung Breslau menjadi Keuskupan Agung Wrocław, sedangkan Keuskupan Agung Breslau bagian Jerman Timur dipisahkan dari keuskupan agung dan menjadikan pengecualian Administrasi Apostolik Görlitz dengan pro-katedral (per 1972). Dengan reorganisasi keuskupan di Utara dan Jerman Tengah pada awal tahun 1990-an, Administrasi Apostolik Görlitz ditingkatkan menjadi keuskupan pada tahun 1994 dan St. James menjadi katedralnya . Ini juga berfungsi sebagai gereja paroki untuk jemaat St. Jakobus.[1]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja neo-Gotik dalam konstruksi batu bata dengan menara setinggi 68 kaki berdiri di atas bukit dan oleh karena itu terlihat dari jauh. Pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, gereja tersebut rusak parah akibat tembakan artileri. Itu dipulihkan, dengan struktur puncak menara yang disederhanakan tanpa lampu menara. Hanya pecahan lukisan dinding asli dan ubin kaca hias yang bertahan. Pemugaran empat menara samping kecil, struktur atap dan dekorasi dari ubin kuning dan merah direncanakan selesai pada tahun 2012.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Willkommen auf den Seiten des Bistums Görlitz".