Katedral Divinópolis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Divinópolis
Katedral Roh Kudus
bahasa Portugis: Catedral Divino Espírito Santo
Katedral Divinópolis
LokasiDivinópolis
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Divinópolis

Katedral Roh Kudus[1] (bahasa Portugis: Catedral Divino Espírito Santo) juga Katedral Divinópolis[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Divinópolis,[3] di negara bagian Minas Gerais, di Brasil. Itu juga merupakan pusat Keuskupan Divinópolis.

Kapel pertama didirikan di situs tersebut pada tahun 1767, didedikasikan untuk Roh Kudus dan Santo Fransiskus dari Paula. Pada tahun 1830 terjadi kebakaran yang menghancurkan kapel tersebut, yang dibangun kembali pada tahun 1834. Beberapa waktu kemudian, kapel tersebut kembali dihancurkan oleh kebakaran lainnya. Sebagai gantinya, sebuah kuil baru dibangun. Dengan dibangunnya katedral yang sekarang, gereja lama tersebut akhirnya dibongkar pada tahun 1958.

Mantan Penyembuhan Roh Kudus diangkat menjadi paroki pada tanggal 3 April 1839, berdasarkan Undang-undang Negara 138. Tahun berikutnya, paroki tersebut dibubarkan dan dikembalikan ke status paroki. Paroki ini didirikan pada tanggal 7 April 1841. Pada tanggal 11 Juli 1958, keuskupan Divinópolis dibentuk dan status gereja tersebut dinaikkan menjadi katedral keuskupan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Roh Kudus
  2. ^ Crepúsculo: O Entardecer De Uma Mulher. Clube de Autores. 
  3. ^ "Horário de Missa - Catedral Diocesana Divino Espírito Santo - Divinópolis - Centro - MG". www.horariodemissa.com.br. Diakses tanggal 2016-12-19.